6 Obat herbal asam lambung yang bisa dijadikan pilihan

Jumat, 30 Juli 2021 | 14:18 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Obat herbal asam lambung yang bisa dijadikan pilihan

ILUSTRASI. Air kelapa termasuk salah satu obat herbal asam lambung.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak faktor mengapa asam lambung naik. Mulai dari mengonsumsi makanan pedas, minum alkohol, kebiasaan makan yang tak sehat, merokok, dan lain-lain. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi beberapa obat herbal asam lambung.

Biasanya, masalah asam lambung ditandai dengan beberapa hal. Mulai dari muncul sensasi terbakar atau heartburn dari perut hingga saluran pencernaan atas, sendawa, cegukan, dan kesulitan untuk menelan. Tentu saja hal itu bisa membuat Anda tidak nyaman.

Beberapa bahan alami berikut bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi asam lambung. Namun, jika asam lambung tak kunjung reda dalam jangka waktu tertentu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Air Kelapa

Tahukah Anda bahwa air kelapa dapat digunakan sebagai obat herbal asam lambung? Seniority (seniority.in) mengatakan bahwa kandungan dalam bahan alami itu mampu mengontrol produksi asam lambung. Selain itu, serat dalam air kelapa juga baik untuk sistem pencernaan.

Baca Juga: Segar dan kaya serat, ini buah-buahan yang aman dikonsumsi penderita asam lambung

Jahe

Jahe jadi bahan alami selanjutnya yang bisa Anda pakai untuk mengobati asam lambung. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan jenis rempah itu. Anda bisa mencampurnya dalam makanan yang Anda konsumsi, mengunyah satu iris jahe per hari, atau minum air rebusan jahe.

Cuka Apel

Cuka apel juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal asam lambung. Cara yang perlu Anda lakukan tidak sulit. Campurkan 1-2 sdt cuka apel dalam segelas air. Supaya hasilnya bisa lebih maksimal, usahakan untuk minum air cuka apel itu sebanyak dua kali dalam satu hari.

Semangka

Senioritu merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi jus semangka supaya masalah asam lambung dapat teratasi dengan baik. Karena mengandung banyak air, jenis buah itu juga dapat digunakan untuk menghindari dehidrasi atau tubuh yang kekurangan cairan.

Baca Juga: Membantu Penurunan Asam Lambung, Coba 4 Minuman Segar Ini

Susu

Bahan alami lainnya yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi masalah asam lambung adalah susu. Kalsium yang terdapat dalam susu mampu mencegah penumpukan asam dalam lambung. Cobalah untuk minum segelas susu dingin secara rutin.

Pisang

Pisang termasuk dalam daftar obat herbal asam lambung.

Cobalah untuk rutin mengonsumsi pisang agar masalah asam lambung dapat Anda hindari. Manfaat itu berasal dari serat, kalium, dan kandungan yang lain. Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi pisang juga bisa menghindarkan Anda dari sembelit.

Selanjutnya: Coba 4 cara menurunkan tekanan darah tinggi ini, yuk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru