kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat Sauna untuk Kesehatan, Salah Satunya Meredakan Asma


Senin, 02 Januari 2023 / 11:19 WIB
6 Manfaat Sauna untuk Kesehatan, Salah Satunya Meredakan Asma
ILUSTRASI. Sauna bermanfaat meredakan penyakit asma.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sauna dipercaya bisa menyegarkan tubuh setelah olahraga. Ini 5 manfaat sauna untuk kesehatan, salah satunya meredakan asma. 

Tidak sedikit orang memilih untuk sauna setelah olahraga. Mereka percaya sauna bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dan melemaskan otot-otot yang tegang. 

Baca Juga: 5 Buah yang Efektif Merontokkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol Jahat

Namun, benarkah sauna memberikan manfaat baik untuk kesehatan? 

Mengutip dari Healthline, suhu tubuh akan naik, denyut nadi akanj melonjak, dan pembuluh darah akan melebar saat Anda memasuki ruang sauna. 

Sauna memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan seperti: 

1. Relaksasi 

Secara tradisional sauna digunakan untuk menenangkan tubuh atau relaksasi. 

Saat detak jantung meningkat dan pembuluh darah melebar, terjadi peningkatan aliran darah ke kulit. Sauna juga bisa meningkatkan sirkulasi darah. 

Reaksi tubuh terhadap panas membuat Anda lebih waspada dan kurang peka terhadap rasa sakit, serta memberikan perasaan gembira. 

Panas sauna bisa melemaskan otot-otot, termasuk otot di wajah dan leher yang sering tegang setelah beraktivitas sepanjang hari. 

2. Meredakan nyeri otot 

Sauna kering bisa membuat orang merasa lebih berenergi. Alasannya, suhu panas dalam sauna kering bisa mengendurkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi ketegangan pada persendian, serta meredakan nyeri otot. 

Sauna juga bermanfaat membantu meredakan radang sendi. Hasil penelitian tahun 2019 menunjukkan bahwa sauna bermanfaat meredakan nyeri punggung bawah. 

3. Meningkatkan kesehatan jantung 

Mengutip dari Medical News Today, penurunan tingkat stres saat melakukan sauna bisa dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. 

Sebuah penelitian yang dilakukan di Finlandia dengan melibatkan 2.315 laki-laki berusia 42 tahun sampai 60 tahun menunjukkan bahwa orang yang menggunakan saunan mungkin memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung lebih rendah. 

Sauna juga bisa dihubungkan dengan penurunan tekanan darah dan peningkatan fungsi jantung. Namun, penelitian lebih lanjut tetap dibutuhkan untuk mengetahui efektivitasnya. 

Perlu Anda ketahui, sauna tidak bisa menggantikan olahraga untuk menjaga kesehatan jantung. 

4. Meredakan masalah kulit 

Sauna kering bisa membantu meredakan gejala penyakit psoriasis.

5. Meredakan asma 

Sauna baik untuk kesehatan penderita asma. Sebab, sauna bisa membantu membuka saluran udara, melonggarkan dahak, dan mengurangi stres. 

6. Mencegah alzheimer 

Sebuah penelitian yang dilakukan di Finlandia tahun 2016 menunjukkan bahwa sauna bisa menurunkan risiko demensia dan penyakit alzheimer. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Tanpa Konsumsi Obat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×