6 Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan, Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Rabu, 15 Juni 2022 | 16:03 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan, Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

ILUSTRASI. Buah rambutan


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Rambutan adalah salah satu jenis buah yang memilikk rasa manis yang lezat saat dimakan. Namun, tahukah Anda bahwa rambutan menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan?

Rambutan juga termasuk buah yang unik. Pasalnya, buah ini berbentuk relatif bulat, berwarna merah dan memiliki bulu-bulu yang menjadi khasnya sehingga disebut rambutan.

Selain itu, buah rambutan juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya seperti serat, protein, vitamin C, kalsium zat besi dan berbagai nutrisi lainnya. 

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Bau Kaki yang Perlu Anda Ketahui, Yuk Simak!

Melihatnya banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam rambutan, tak heran mengkonsumsi rambut mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat rambut untuk kesehatan?

Melansir dari Netmeds, berikut manfaat rambut untuk kesehatan yang menarik untum diketahui:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Rambutan mengandung cukup banyak vitamin C yang tentunya bermanfaat untuk kesehatan. Hal tersebut membuat mengkonsumsi rambutan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat rambutan selanjutnya dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan rambutan dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah menjadi normal.

Rambutan juga berfungsi dalam mempromosikan aktivitas otot jantung, menurunkan jumlah kolesterol LDL jahat dan meningkatkan kadar kolesterol HDL baik. Rambutan sangat bermanfaat dalam mencegah kejadian serangan jantung dan stroke dan dengan demikian memberikan kontribusi untuk umur yang lebih panjang dan lebih sehat.

Baca Juga: 6 Manfaat Seks Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Simak!

Meredakan Kram Otot

Selain mengandung banyak vitamin C, rambutan juga mempunyai banyak mineral yang mampu  meredakan kram otot. Kandungan magnesium di dalam rambutan mampu meredakan nyeri otot setelah melakukan aktivitas fisik yang berat.

Mengobati Sembelit

Rambutan juga termasuk salah satu buah yang mengandung banyak serat. Hal tersebut membuat mengkonsumsi rambutan dapat melancarkan sistem pencernaan karena dapat membantu pergerakan usus saat menelan makanan. Oleh sebab itu, mengkonsumsi rambut juga mampu mengatasi sembelit dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

Menjaga Kesehatan Tulang

Tak berhenti sampai disitu, rambutan juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Kalsium yang terkandung di dalam rambutan dapat membantu menjaga kepadatan tulang sehingga membuat aktivitas bisa jadi lebih flesibel.

Baca Juga: 6 Cara Diet Alami Untuk Menurunkan Berat Badan, Terbukti Secara Ilmiah Loh

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Rambutan menawarkan sejumlah besar vitamin C yang memberikan sifat antiinflamasi untuk mencegah pembengkakan di kandung kemih yang lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. 

Selain itu rambutan juga mengandung antioksidan yang berguna dalam menghilangkan radikal bebas yang merugikan dan bakteri berbahaya dari tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru