6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Kulit, Mampu Samarkan Noda Hitam Hingga Jerawat

Senin, 20 Juni 2022 | 10:25 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Kulit, Mampu Samarkan Noda Hitam Hingga Jerawat

ILUSTRASI. Lidah buaya.


KONTAN.CO.ID - Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang cukup populer mempunyai banyak manfaat. Ekstrak lidah buaya sangat baik untuk kesehatan kulit. Sehingga tak heran eksrak lidah buaya kerap jadikan bahan untuk berbagai jenis produk kecantikan.

Bukan tanpa alasan, lidah buaya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Apalagi jika Anda rajin memakai ekstrak lidah buaya secara rutin, hal tersebut akan membuat kesehatan kulit terjaga dari luar dan dalam. 

Kandungan eksrak lidah buaya tersebut di antaranya seperti vitamin A, vitamin C, mineral, enzim dan berbagai kandungan lain yang baik bagi kesehatan kulit. Kandungan nutrisi tersebutlah yang menyebabkan lidah buaya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kulit. 

Baca Juga: Mampu Mengatasi Sembelit, Simak 6 Manfaat Mengkonsumsi Rambutan Untuk Kesehatan Ini

Melansir dari PharmEasy, berikut ada beberapa manfaat lidah buaya yang menarik untuk diketahui, di antaranya sebagai berikut: 

Menyamarkan Noda Hitam 

Lidah buaya juga mempunyai manfaat dapat menyamarkan berbagai noda hitam di kulit. Gunakan ekstrak lidah buaya secara rutin akan membuat kulit Anda menjadi tampak lebih cerah dari biasanya. 

Mempercepat Penyembuhan Luka 

Perlu Anda ketahui ekstrak lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan luka akibat goresan loh. Bahkan jika Anda terus memakainya secara rutin, lidah buaya juga dapat menghilangkan bekas luka tersebut. 

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 6 Manfaat Seks Untuk Kesehatan yang Penting Untuk Diketahui

Mencegah Penuaan 

Bagi Anda yang ingin tampil awet muda, Anda bisa menggunakan ekstrak lidah buaya sebagai masker. Pasalnya, lidah buaya mengandung antiinflamasi dan berbagai vitamin yang mampu mencegah tanda penuaan seperti garis-garis hingga kulit keriput. 

Melembapkan Kulit 

Jika Anda mempunyai masalah kulit kering, ekstrak lidah buaya bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Pasalnya, lidah buaya mengandung banyak mineral dan vitamin yang mampu membuat kulit menjadi lebih lembap dan kenyal. 

Mengatasi Iritasi 

Manfaat ekstrak lidah buaya yang terakhir adalah mampu mengatasi iritasi kulit khususnya akibat terpapar sinar matahari. Kandungan antiinflamasi yang terdapat di lidah buaya mampu meredakan inflamasi atau peradangan para area kulit yang terbakar. 

Baca Juga: Waspada Efek Samping Kunyit Bagi Kesehatan, Begini Cara Menghindarinya

Mengobati Jerawat 

Rasanya manfaat ekstrak lidah buaya satu ini menjadi hal yang cukup populer diketahui. Ya, ekstrak lidah buaya dapat dijadikan obat jerawat sekaligus dapat menghilang bekas jerawat pula. 

Hal tersebut dikarenakan lidah buaya mengandung antimikroba dan antiseptik yang efektif melawan bakteri penyebab jerawat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru