6 Manfaat lidah buaya sebagai obat herbal

Rabu, 16 Desember 2020 | 15:29 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
6 Manfaat lidah buaya sebagai obat herbal

ILUSTRASI. Ilustrasi. Lidah buaya bermanfaat sebagai obat herbal.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lidah buaya populer di dunia kecantikan. Namun, lidag buaya juga bermanfaat sebagai obat herbal untuk menumpas sejumlah penyakit.  

Lidah buaya banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias di halaman depan rumah. Tidak heran, lidah buaya memiliki bentuk daun yang tegak dengan duri di bagian pinggirnya. 

Baca Juga: 5 Manfaat daun kumis kucing sebagai obat herbal

Selain ditanam langsung di tanah, lidah buaya juga bisa ditanam di dalam pot. Sebagai tanaman, lidah buaya tidak membutuhkan banyak perawatan. Sebab, lidah buaya seperti kaktus yang mampu hidup dan berkembang di tempat kering pada musim kemarau. 

Selain menjadi tanaman hias, lidah buaya merupakan tanaman herbal yang tersohor sejak zaman pengobatan kuno. 

Mengutip dari buku Berkat Lidah Buaya: Sehat, Cantik, dan Penuh Vitalitas karya Ir. Rosita dan Tim Redaksi Qanita, gel lidah buaya dimanfaatkan sebagai penghalus kulit di zaman Yunani Kuno.

Di tanah air, lidah buaya kerab dimanfaatkan sebagai penyubur rambut. Belakangan lidah buaya juga banyak digunakan untuk perawatan kulit. 

Tidak heran, lidah buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh di antaranya vitamin A, vitamin C, vitamin, E, vitamin B1, Kalsium, Magnesium, Zinc, dan Fosfor. 

Selain itu lidah buaya juga mengandung banyak senyawa yang bermanfaat untuk tubuh seperti Glukosa, Manosa, Hamosa, dan Selulosa. 

Kandungan tersebutlah yang membuat lidah buaya mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan. 

Manfaat lidah buaya sebagai obat herbal

Dalam dunia kesehatan, bagian lidah buaya yang banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah daunnya. 

Asal tahu saja, di dalam daun lidah buaya terdapat daging dan getah gel yang bersifat antiseptik, antipuritik, anestetik, antijamur, antiinflamasi, dan afrosidiak. 

Berikut manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh. 

1. Meredakan Batuk 

Lidah buaya juga jadi obat batuk herbal. Sebab, lidah buaya mampu membuang lendir dan menenangkan tenggorokan. 

2. Menyembuhkan luka bakar 

Getah gel lidah buaya bersifat antiseptik dan dingin. Hal inilah yang membuat lidah buaya dipercaya ampuh menyembuhkan luka bakar. 

Selain itu, lidah buaya merangsang untuk pembentukan jaringan sel kulit baru. 

3. Menurunkan tekanan darah tinggi 

Mengutip dari Jurnal berjudul Pengaruh Jus Lidah Buaya Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi karya Shella Ramadhani, lidah buaya mengandung senyawa aktif flavonoid, ariginiin, dan kalium yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. 

Bahkan senyawa aktif dalam lidah buaya juga bisa untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Sebagai obat herbal darah tinggi, lidah buaya bisa dikonsumsi dengan cara diolah menjadi jus. 

4. Menyembuhkan Sembelit 

Anda sering menderita sembelit? Alih-alih minum serbuk atau pil pencahar Anda bisa mengonsumsi lidah buaya. 

Mengutip dari situs sajiansedap.grid.id, lidah buaya mengandung zat polisakarida yang bisa mengatasi masalah pencernaan. 

Polisakarida membantu tubuh untuk mencerna makanan dengan lebih sempurna sehingga gizi makanan tersebut bisa terserap maksimal. 

5. Diabetes 

Lidah buaya mampu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian menunjukkan lidah buaya mampu melindungi dan memperbaiki sel beta di pankreas yang memproduksi insulin.

6. Meredakan asam lambung 

Getah gel lidah buaya bermanfaat untuk menjaga keseimbangan asam perut bila dikonsumsi dengan jumlah tepat. 

Sebaiknya Anda mengonsumsi lidah buaya dalam jumlah yang disarankan atau tidak berlebihan. Ada baiknya juga Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat herbal lidah buaya.

Baca Juga: Jus labu siam efektif menurukan tekanan darah tinggi Anda

Selanjutnya: 3 Jus buah segar bermanfaat sebagai obat herbal untuk diabetes dan darah tinggi

 

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru