6 Manfaat Jamur Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Senin, 07 November 2022 | 17:40 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Manfaat Jamur Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Banyak Orang


KONTAN.CO.ID - Ada beberapa manfaat jamur untuk kesehatan yang masih jarang diketahui kebanyakan orang. Padahal, jamur mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Banyaknya manfaat jamur untuk kesehatan berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Di antaranya seperti vitamin C, vitamin B, kalium, zat besi, magnesium, kalsium dan masih banyak lagi.

Meski memiliki banyak manfaat, Anda juga harus tetap berhati-hati, pasalnya ada beberapa jenis jamur tertentu yang justru sebaliknya, yakni dapat membahayakan kesehatan karena mengandung racun. 

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kale Untuk Kesehatan, Catat!

Selain itu, untuk memperoleh manfaat secara maksimal, jamur harus diolah dengan tepat. 

Jamur juga merupakan salah satu tanaman yang mempunyai rasa yang lezat. Tak heran, jamur sering diolah menjadi berbagai jenis makanan karena rasanya yang unik. 

Berikut beberapa manfaat jamur yang dilansir dari Everyday Health: 

1. Meningkatkan Kesehatan Usus

Usus Anda mengandung triliunan bakteri dan mengonsumsi jamur dapat membantu mengisi saluran pencernaan Anda dengan keseimbangan bakteri yang tepat. Hal tersebut bermanfaat untuk menjaga saluran pencernaan Anda tetap sehat dan memperkuat sistem kekebalan Anda.

Baca Juga: 5 Manfaat Cabai Rawit Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Baik untuk Tekanan Darah

Jamur juga sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Hal tersebut dikarenakan jamur mampu menangkal efek natrium dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. 

Selain itu, jamur juga dapat mengurangi peradangan serta menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Mencegah Kanker

Mengonsumsi jamur secara rutin disebut-sebut bermanfaat untuk mencegah kanker. Pasalnya, jamur mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat kanker. 

Dilansir dari Everyday Health, Orang yang mengonsumsi jamur rutin lebih tinggi memiliki risiko 34 persen lebih rendah terkena kanker daripada mereka yang makan paling sedikit, terutama dalam kasus kanker payudara.

Baca Juga: Top Skor Liga Inggris: Haaland Tambah Gol Usai Man City Kalahkan Fulham

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Penting untuk diketahui, mengonsumsi jamur dapat membantu meningkatkan kesehatan otak loh. Kandungan antiinflamasi dalam jamur dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel di otak. Hal tersebut akan mengurangi risiko berbagai penyakit saat tua seperti alzheimer.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat jamur yang pertama adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, jamur mengandung banyak vitamin yang berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Salah satunya vitamin D yang terkandung di dalam jamur mendukung fungsi otot, mengurangi risiko jatuh, dan mungkin memiliki sifat antikanker, antidiabetes, dan pelindung jantung.

Baca Juga: Klasemen Liga Italia Serie A: Napoli Masih Kokoh di Puncak Usai Kalahkan Atalanta 1-2

6. Baik Untuk Kesehatan Mental

Ada banyak pembicaraan tentang penggunaan psilocybin, senyawa halusinogen yang ditemukan dalam "jamur ajaib", sebagai pengobatan psikedelik untuk kondisi seperti depresi dan berbagai masalah mental lainnya. 

Melansir dari Everyday Health, Dalam sebuah penelitian kecil (59 orang) yang diterbitkan di New England Journal of Medicine pada April 2021, pengobatan enam minggu dengan psilocybin dalam jamur ditemukan sama efektifnya dengan escitalopram, antidepresan standar, dalam meredakan depresi. 

Meski demikian masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat jamur bagi kesehatan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru