kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Makanan Penurun Diabetes yang Aman Dikonsumsi, Sudah Tahu?


Jumat, 19 Mei 2023 / 10:47 WIB
6 Makanan Penurun Diabetes yang Aman Dikonsumsi, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Makanan penurun diabetes.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Terdapat berbagai cara mengatasi diabetes salah satunya dengan mengkonsumsi makanan penurun diabetes. Tidak hanya itu, banyak makanan penurun diabetes yang aman untuk dikonsumsi, sudah tahu?

Selain itu, makanan penurun diabetes juga relatif mudah untuk didapatkan karena banyak dijual di pasaran dengan harga yang relatif murah juga. 

Penyakit diabetes bukan sesuatu yang bisa dianggap sepele. Pasalnya, diabetes termasuk penyakit berbahaya yang patut untuk diwaspadai dan harus segera ditangani.

Baca Juga: Catat Yuk 5 Manfaat Buah Kendondong Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

Dengan demikian, menjaga asupan makanan termasuk mengkonsumsi makanan penurun diabetes adalah salah satu cara kunci mencegah diabetes itu sendiri. 

Lantas apa saja makanan penurun diabetes yang bisa dijadikan alternatif? 

Melansir dari Sharecare, berikut beberapa makanan penurun diabetes yang aman untuk dikonsumsi:

1. Makanan dengan Protein Tinggi

Salah satu makanan penurun diabetes adalah makanan yang mengandung protein tinggi. Ikan, ayam atau telor mempunyai protein yang tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah sehingga aman bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Mampu Kontrol Gula Darah, Cek 7 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Ini

2. Kacang

Selain itu, kacang-kacangan adalah pilihan protein bagus yang tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Serta kacang mampu membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Sehingga kacang termasuk salah satu makanan penurun diabetes.

3. Sayuran Hijau

Makanan penurun diabetes selanjutya yaitu adalah sayuran hijau. Sayuran hijau yang dimaksud contohnya seperti sawi, bayam, brokoli dan masih banyak lagi.

Selain bisa dijadikan makanan penurun diabetes, sayuran hijau juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K dan berbagai nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 6 Manfaat Toge Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin, Catat!

4. Buah

Ada berbagai jenis buah juga yang bisa dijadikan makanan penurun diabetes. Contohnya sepeti anggur, jeruk, dan berbagai buah yang mengandung banyak vitamin C lainnya.

5. Sayuran Mentah

Sayuran mengan rendah glisemik seperti wortel, mentomun dan seledri yang juga cocok dijadikan makanan penurun diabetes. Selain itu, sayuran mentah rendah glikemik juga mempunyai rasa yang relatif lezat, mengenyangkan dan sehat.

Baca Juga: Cek 7 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

6. Popcorn

Selanjutnya ada makanan penurun diabetes yang tidak terduga yaitu popcorn. Popcorn memiliki skor indeks glikemik yang cukup rendah. Artinya, popcorn cocok untuk dijadika camilan sehat dan aman untuk dijadikan makanan penurun diabetes secara alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×