kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Makanan Buka Puasa untuk Penderita Maag Agar Tidak Kambuh


Jumat, 29 Maret 2024 / 19:10 WIB
6 Makanan Buka Puasa untuk Penderita Maag Agar Tidak Kambuh
ILUSTRASI. Makanan buka puasa untuk penderita maag agar Tidak Kambuh


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Periksa menu buka puasa yang direkomendasikan untuk penderita maag selama bulan Ramadhan. Bagi umat Muslim yang menjalani ibadah puasa, beberapa petunjuk berikut perlu diperhatikan.

Maag atau gastritis adalah kondisi di mana lapisan lambung mengalami peradangan atau iritasi, yang dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti infeksi bakteri H. pylori, pola makan yang tidak sehat, kebiasaan merokok, atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Bagi umat Muslim yang memiliki maag, memilih menu buka puasa yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan menghindari gejala maag yang kambuh.

Berikut adalah beberapa petunjuk dan rekomendasi menu buka puasa untuk penderita maag.

Baca Juga: Berapa Wakti Ideal Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan?

Mentimun

Petunjuk:

  • Hindari makanan yang terlalu asam, pedas, berlemak, atau mengandung santan.
  • Pilih makanan yang mudah dicerna dan tidak mengiritasi lambung.
  • Makan dengan porsi kecil tapi sering.
  • Minum air putih yang cukup.
  • Hindari minuman yang mengandung kafein.
  • Istirahat yang cukup.

Contoh makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag meliputi cuka, tomat, jeruk, cabai, gorengan, daging merah, susu, kopi, teh, dan minuman berkarbonasi.

Untuk itu, simak rekomendasi menu makanan buka puasa untuk penderita maag, dilansir lewat laman Oladoc.

Baca Juga: Kendalikan Gula Darah dan Kurangi Nyeri Sendi, Ketahui 8 Manfaat Kolang-Kaling Ini

1. Buah Melon

Buah melon, blewah, dan semangka merupakan pilihan lezat selama bulan Ramadhan yang panas. Kandungan air melon yang mencapai 90 persen membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan sehat selama puasa.

Nutrisi dalam melon juga memiliki efek menenangkan pada perut dan dapat membantu mengatasi masalah lambung. Membuat smoothie melon juga bisa menjadi alternatif menyegarkan sepanjang hari.

2. Buah Kurma

Buah kurma bukan hanya makanan sunnah, tetapi juga bisa menjadi pilihan buka puasa yang baik bagi penderita maag. Kandungan karbohidrat baik dalam kurma memberikan energi tanpa memberatkan sistem tubuh dengan gula berlebih.

Selain itu, potasium, serat, dan magnesium dalam kurma menjadikannya pilihan yang baik untuk sahur, membantu menjaga energi dalam jangka waktu yang lebih lama setelah makan.

Komponen yang lambat dicerna pada kurma membuat perasaan kenyang berlangsung lebih lama dan mengatasi rasa lapar. Namun, perlu diingat untuk tidak mengonsumsi kurma secara berlebihan karena kandungan gula tingginya.

3. Terong

Terong adalah sayuran yang sangat baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan sehat. Kandungan vitamin B, asam folat, potasium, dan antioksidan dalam terong membantu menjaga energi tubuh sepanjang hari.

Dengan kandungan air mencapai 90 persen, terong juga merupakan pilihan yang baik untuk mengatasi kehausan dan panas selama bulan Ramadhan. Terong dapat diolah dengan dipanggang dan disiram minyak zaitun untuk hidangan yang sehat dan rendah lemak.

Terong

4. Mentimun

Mentimun adalah makanan sehat dan menghidrasi untuk menjaga kadar asam lambung selama musim panas. Mentimun bisa dimakan dalam salad, disajikan dengan yogurt, atau dikonsumsi mentah dengan hummus.

Selain menyegarkan, mentimun juga membantu merasa ringan dan berenergi. Sebagai camilan sehat, mentimun dapat mengatasi kelelahan dan kantuk setelah ngemil berlebihan. Cocok juga sebagai menu buka puasa bagi penderita maag dan yang ingin menurunkan berat badan selama bulan Ramadhan.

5. Sayur dan Minyak Zaitun

Sayuran yang mudah dicerna dan tidak memberatkan perut adalah pilihan makanan selama puasa. Beberapa sayuran juga dapat mencegah mulas dan refluks asam. Sayuran dapat dimasak dengan ditumis menggunakan minyak zaitun, sehingga memberikan tubuh nutrisi penting selama puasa.

Minyak zaitun membantu penyerapan nutrisi dari sayuran dengan lebih baik. Sayuran rebus dengan kandungan serat tinggi juga membantu menjaga kadar glukosa darah lebih stabil dalam jangka waktu yang lebih lama, mendukung tubuh tetap bertenaga selama sahur.

6. Roti Gandum

Roti gandum utuh adalah pilihan yang baik untuk penderita maag karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat dalam roti gandum utuh membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko iritasi pada lambung.

Cocok untuk penderita maag yang berusaha mengatasi gastritis dan refluks asam. Itulah panduan mudah untuk penderita maag yang akan melakukan buka puasa dengan aman.

Itulah informasi terkait menu buka puasa yang direkomendasikan untuk penderita maag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×