kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,79   8,19   0.82%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Langkah yang harus dilakukan jika positif Covid-19


Selasa, 02 Maret 2021 / 06:29 WIB
6 Langkah yang harus dilakukan jika positif Covid-19


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Jumlah kasus positif virus corona masih terus bertambah setiap hari. Namun jangan khawatir jika Anda atau anggota keluarga ada yang positif Covid-19. Lakukan beberapa langkah berikut jika positif Covid-19.

Meski telah melakukan langkah pencegahan sebaik mungkin, masih ada kemungkinan kita terinfeksi Covid-19. Yah, mendapat diagnosis positif Covid-19 memang bukan hal yang menyenangkan.

Tapi, Anda tak perlu putus asa. Harapan untuk sembuh setelah terdiagnosis Covid-19 sangatlah besar. Yang perlu kita lakukan setelah terdiagnosis positif Covid-19 hanyalah melakukan penanganan yang tepat.

Lalu apa yang perlu dilakukan setelah terdiagnosis positif Covid-19? Ketika Anda terdiagnosis Covid-19, berikut langkah penanganan yang bisa dilakukan untuk mempercepat penyembuhan:

1. Cari bantuan dokter atau layanan kesehatan

Setelah Anda menerima diagnosis Covid-19, salah satu langkah pertama adalah berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan saran yang tepat. Dokter akan memberi tahu segala hal mulai dari obat-obatan yang perlu Anda minum, perubahan pola makan yang diperlukan dan segala perawatan yang perlu Anda ikuti.

Jika Anda memiliki penyakit penyerta, atau sedang mencari pengobatan untuk kondisi lain, beri tahu dokter. Jangan pernah mengonsumsi obat apapun tanpa ada saran dari dokter.

Baca juga: 5 Ciri-ciri terkena virus corona yang tak biasa, waspada!

2. Lakukan isolasi mandiri

Lakukan isolasi mandiri agar orang disekitar anda tidak tertular. Jika Anda disarankan untuk menjalani karantina di rumah, beri tahu pihak berwenang dan tunggu mereka mengambil langkah selanjutnya.

Lakukan karantina di ruangan dengan vetilasi udara yang baik serta gunakan kamar mandi yang terpisah. Pisahkan juga alat makan dan alat mandi yang Anda gunakan dengan orang yang tinggal satu rumah dengan Anda.

Orang-orang yang berada di sekitar Anda juga harus menjalani tes Covid-19 untuk menghindari risiko tertular. Semua orang yang tinggal di bawah satu atap harus dikarantina juga selama minimal seminggu.




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×