kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Kegunaan jahe yang harus diketahui para pesepeda


Rabu, 20 Januari 2021 / 10:03 WIB
6 Kegunaan jahe yang harus diketahui para pesepeda
ILUSTRASI. 6 Kegunaan jahe yang harus diketahui para peseda. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta.  Jahe adalah rempah-rempah aromatik yang dipercaya memiliki banyak kegunaan dan khasiat bagi kesehatan. Belakangan ini jahe banyak dicari untuk dibuat minuman penghangat badan agar daya tahan tubuh meningkat sehingga mencegah infeksi virus corona. Selain itu, jahe juga memiliki banyak manfaat yang penting bagi olahraga sepeda.

Jahe banyak dipakai sebagai bumbu dapur untuk memasak. Misalnya, membuat sup atau berbagai macam kue. "Jahe secara tradisional dikenal sebagai karminatif atau zat yang menenangkan saluran usus."

Demikian dikatakan Jurubicara Academy of Nutrition and Dietetics, Sonya Angelone, M.S., RDN. "Bahkan, baru-baru ini, jahe telah ditemukan memiliki efek anti-inflamasi," sambung dia.

Jahe juga merupakan sumber fitonutrien yang baik dan mengandung fitokimia yang ditemukan dalam versi segar maupun kering. Nah, tak hanya itu, jahe ternyata memiliki banyak manfaat bagi para pesepeda untuk mengurangi peradangan, serta kondisi-kondisi yang tidak nyaman saat bersepeda.

Baca juga: Ini manfaat jahe merah sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui

Berikut ini sejumlah kegunaan jahe yang bisa dimanfaatkan oleh para pesepeda.

1. Kegunaan jahe bisa mencegah keausan lutut

Bersepeda memang menjadi salah satu aktivitas fisik yang dapat menghindarkan kita dari penyakit osteoartritis atau pengapuran lutut. Namun, dalam sebuah penelitian, jahe segar juga dapat membantu menurunkan rasa sakit dan cacat dari radang sendi pada orang dengan osteoartritis.

Karena ini adalah kondisi keausan, jahe dapat membantu nyeri lutut dan lebih aman daripada minum obat non-steroid atau anti-inflamasi," ujar Angelone.

2. Kegunaan jahe untuk meningkatkan pencernaan

Pesepeda dapat menangani banyak masalah usus, dari diare hingga sembelit yang mungkin memenaruhi pelatihan. Jahe terbukti membantu meningkatkan motilitas lambung, yang pada dasarnya berarti dapat membantu pergerakan makanan dari mulut ke usus besar.

Khasiat jahe yang satu ini penting bagi pengendara sepeda karena sistem pencernaan yang sehat dapat membantu meningkatkan kinerja saat olahraga sepeda.
 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×