6 Jenis Makanan yang Mengandung Banyak Serat dan Cocok Untuk Diet

Kamis, 21 Juli 2022 | 13:36 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Jenis Makanan yang Mengandung Banyak Serat dan Cocok Untuk Diet

ILUSTRASI. Alpukat adalah salah satu makanan yang mengandung banyak serat


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Salah satu cara yang harus dilakukan saat diet menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung banyak serat yang perlu Anda ketahui.

Bahkan, serat adalah salah satu nutrisi yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung fungsi tubuh berjalan lancar. Salah satu manfaat dari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat yaitu mampu melancarkan pencernaan.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, cukup banyak makanan yang mengandung banyak serat yang bisa menjadi pilihan.

Baca Juga: 5 Penyebab Sering Kentut, Bisa Karena Sembelit hingga Stres

Melansir dari Eat This, berikut beberapa daftar makanan yang mengandung banyak serat, di antaranya: 

Delima

Buah delima termasuk salah satu makanan yang mengandung banyak serat. Buah yang memiliki rasa manis dan segar ini juga mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat membantu menghilangkan lemak dalam tubuh. 

Sehingga mengkonsumsi buah delima yang mengandung banyak serat, mampu mempercepat penurunan berat badan menjadi lebih efektif. 

Kacang Merah 

Makanan yang mengandung banyak serat selanjutnya adalah kacang merah. Pasalnya, kacang-kacangan merupakan makanan yang kaya akan serat. Khususnya kacang merah, juga mengandung protein yang tinggi dan tentunya baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Savefrom! Download Video MP4 MP3 TikTok Tanpa Watermark Tanpa Watermark Gratis

Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang mengandung lemak sehat. Namun, selain itu alpukat juga termasuk makanan yang mengandung banyak serat loh. 

Mengkonsumsi alpukat mampu membuat Anda terasa kenyang lebih lama. Sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan. 

Apel 

Mengkonsumsi apel sangat baik untuk kesehatan. Pasalnya, apel mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk serat. 

Selain mengandung banyak serat, apel juga mempunyai rasa yang enak serta dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. 

Pisang 

Pisang adalah buah yang identik dikonsumsi oleh para atlet. Hal tersebut dikarenakan pisang mengandung banyak serat dan protein yang baik untuk menambah energi dan stamina. Selain itu, mengkonsumsi pisang juga baik untuk mengontrol tekanan darah. 

Baca Juga: Jadwal Liga 1 2022/2023: Pekan Pertama Ada PSIS Semarang VS RANS Nusantara

Brokoli

Makanan yang mengandung banyak serat selanjutnya adalah brokoli. Salah satu jenis sayuran hijau ini bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, brokoli bisa diolah menjadi berbagai makanan yang enak untuk dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru