6 Gejala Penyakit Tipes yang Jarang Disadari Kebanyakan Orang

Rabu, 05 Oktober 2022 | 14:11 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Gejala Penyakit Tipes yang Jarang Disadari Kebanyakan Orang

ILUSTRASI. Gejala tipes


KONTAN.CO.ID - Penyakit tipes termasuk salah satu penyakit berbahaya dan tak jarang dialami banyak orang. Selain itu, pengakit tipes harus segera ditangani. Pasalnya, kebanyakan gejala penyakit tipes sering tidak disadari pengidapnya.

Tipes merupakan penyakit yang tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya, jika tidak cepat ditangani gejala-gejala tipes bisa semakin parah. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko komplikasi dan muncul berbagai penyakit bahaya lainnya.

Oleh sebab itu, mengetahui gejala penyakit tipes adalah hal yang penting untuk diperhatikan.

Baca Juga: 5 Gejala Anemia yang Berbahaya Bagi Kesehatan, Waspada!

Tipes dapat menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Penyabab penyakit tipes sendiri disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhi. Bakteri tersebut biasanya terjadi akibat mengkonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi salmonella typhi.

Lantas apa saja gejala tipes yang perlu diwaspadai?

Melansir dari Medical News Today, berikut beberapa gejala tipes yang perlu diwaspadai adalah:

1. Demam Tinggi

Salah satu gejala tipes yang perlu untum diwaspadai adalah demam tinggi. Saat menderita penyakit tipes demam tinggi adalah gejala yang paling umum dialami seseorang.

Umumnya, suhu badan penderita penyakit tipes bisa mencapai 40 derajat celcius.

Baca Juga: 5 Gejala Kolesterol Tinggi, Ada yang Anda Alami?

2. Keringat Berlebih

Selain demam tinggi, tubuh juga akan mengeluarkan keringat berlebih. Hal tersebut juga merupakan salah gejala tipes yang tak boleh dianggap sepele. 

Untuk itu, Anda perlu waspada jika keluar keringat berlebih saat tidak melakukan aktivitas yang berat. 

3. Nafsu Makan Berkurang

Rasany hampir setiap orang yang sedang sakit akan mengalami nafsu makan yang berkurang. Antibodi infeksi akibat bakteri bisa menunkan nafsu makan seseorang. 

4. Diare 

Selain itu, tipes juga memperburuk sistem pencernaan karena dapat memicu diare dan sembelit. Oleh sebab itu, Anda perlu waspada jika mengalami diare dalam kurun waktu yang relatif singkat.

Baca Juga: Prediksi Man City vs Copenhangen dan Jadwal Liga Champions, Live Pukul 02.00 WIB

5. Dehidrasi

Gejala tipes lainnya adalah tubuh mengalami dehidrasi yang cukup parah. Saat tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan membuat konsentrasi tubuh menjadi berkurang dan membuat badan menjadi lebih lemah.

6. Batuk

Gejala tipes alami yang tak boleh terpewatkan adalah batuk. Umumnya, penderita tipes akan menimbulkan kering dan muncul sesak napas serta tubuh cepak merasa lelah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru