kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Gejala Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai, Bisa Bermula Dari Pusing


Minggu, 04 September 2022 / 09:30 WIB
6 Gejala Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai, Bisa Bermula Dari Pusing


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang berbahaya karena dapat merenggut nyawa manusia. Oleh sebab itu, ada beberapa gejala penyakit jantung yang perlu Anda waspadai.

Semakin cepat Anda mengetahui gejala penyakit jantung yang muncul akan membuat tingkat kewaspadaan menjadi lebih tinggi. Selain itu, penting untuk segera memeriksa kesehatan jika mengalami gejala-gejala yang berkaitan dengan penyakit jantung. 

Salah satu gejala penyakit jantung yang kerap dialami adalah munculnya rasa sakit di area dada.

Baca Juga: Catat 5 Obat Paru-Paru Basah Alami yang Mudah Untuk Dicari

Namun, perlu Anda ketahui terdapat beberapa gejala penyakit jantung lain yang dilansir dari British Heart Foundation. Di antaranya: 

1. Berkeringat

Salah satu gejala penyakit jantung adalah tubuh mengeluarkan keringat berlebih. Padahal, Anda tidak melakukan banyak aktivitas berat yang memicu produksi keringat. 

2. Detak Jantung Tidak Beraturan 

Selain produksi keringat yang berlebihan, detak jantung yang tidak beraturan bisa menjadi tanda awal ada masalah di Jantung Anda. Apalagi jika detak jantung Anda tidak beraturan dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Namun, Anda juga tidak perlu terlalu khawatir, pasalnya detak jantung tidak beraturan juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti berolahraga.

Baca Juga: Waspada 5 Makanan Penyebab Asam Urat yang Mungkin Anda Alami

3. Sakit Perut 

Sakit perut juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit jantung. Umumnya, jika sakit perut dibarengi dengan rasa panas di area saluran pencernaan bagian atas hingga dada. 

4. Pusing 

Jika Anda mengalami pusing dalam intesitas yang cukup sering, hal tersebut bisa jadi merupakan gejala penyakit jantung yang perlu diwaspadai. Apalagi jika sampai pingsan, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi tubuh ke dokter. 

5. Kaki Bengkak 

Gejala penyakit jantung selanjutnya bisa ditandai dengan kaki yang membengkak. Hal tersebut dikarenakan oleh gagal jantung yang membuat aliran darah tidak berjalan semestinya. Cobalah untuk segera periksa ke dokter jika mengalami hal tersebut.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Persib Bandung vs RANS Nusantara FC

6. Sakit Dada 

Munculnya rasa sakit di dada adalah gejala penyakit jantung yang paling populer. Bahkan selain di bagian dada, rasa sakit juga akan muncul di bagian tubuh lain seperti punggung, punggung, lengang hingga kaki. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×