kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Cara mengobati infeksi saluran kemih dengan bahan alami


Selasa, 30 November 2021 / 08:59 WIB
6 Cara mengobati infeksi saluran kemih dengan bahan alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti jenis penyakit lain, infeksi saluran kemih perlu segera Anda atasi supaya masalah kesehatan lain tidak muncul. Nah, ada banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai cara mengobati infeksi saluran kemih.

Melansir Urology Care Foundation (uurologyhealth.org), kesehatan saluran kemih bisa Anda jaga dengan menghindari beberapa jenis makanan dan minuman. Makanan dan minuman yang dimaksud adalah buah sitrun, kopi, minuman beralkohol, makanan pedas, dan pemanis buatan.

Di bawah ini, Anda bisa mencoba beberapa jenis makanan supaya kesehatan saluran kemih menjadi lebih terjaga. Namun, tentu saja Anda perlu mendiskusikannya dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya secara teratur.

Oatmeal

Oatmeal jadi jenis makanan selanjutnya yang sebaiknya Anda konsumsi untuk mengatasi masalah pada saluran kemih. Sama dengan pisang, oatmeal dipenuhi dengan serat. Selain oatmeal, Anda bisa mengonsumsi jenis makanan sejenis, misalnya quinoa.

Baca Juga: Tanda-tanda Anda terlalu banyak minum air putih, salah satunya sakit kepala

Yogurt

Yogurt, salah satu produk olahan susu bisa Anda pakai untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Bahkan, rutin mengonsumsi jenis makanan itu bisa menurunkan risiko penyakit tersebut hingga 80%. Selain itu, mengonsumsi yoghurt juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh sehingga baik untuk tubuh.

Pisang

Konsumsi pisang sebagai cara mengobati infeksi saluran kemih.

Cara mengobati infeksi saluran kemih berikutnya adalah dengan rutin makan pisang. Anda bisa mengolah pisang menjadi salad, smoothie, atau jenis hidangan lain. Tak hanya baik untuk saluran kemih, serat yang terdapat dalam pisang juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan Anda.

Telur

Rutin mengonsumsi telur bisa jadi salah satu cara mengobati infeksi saluran kemih. Tak hanya itu, telur juga kaya akan protein yang mana baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Anda bisa mengolah telur jadi berbagai jenis hidangan, tapi pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya.

Baca Juga: Manfaat buah cermai bisa menurunkan kolesterol, tak banyak diketahui orang

Buah Pir

Makan buah pir bisa jadi cara mengobati infeksi saluran kemih.

Urology Care Foundation mengatakan bahwa mengonsumsi buah pir bisa menjaga kesehatan tubuh Anda, tak terkecuali kondisi saluran kemih. Sama seperti jenis makanan sebelumnya, buah pir kaya akan serat. Tidak berhenti sampai di situ, buah pir juga dipenuhi dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Kentang

Supaya kesehatan saluran kemih terjaga, tak ada salahnya untuk memasukkan kentang dalam menu sehat yang Anda konsumsi sehari-hari. Untuk menghindari efek buruk kentang, cobalah untuk mengonsumsi kentang rebus atau kukus. Hindari menggoreng kentang karena minyak goreng berpengaruh buruk untuk kesehatan.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jangan lupa untuk mengonsultasikan makanan yang akan Anda konsumsi ke dokter. Dengan begitu, efek samping yang mungkin Anda alami dapat berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×