6 Cara Memutihkan Ketiak Ini Pakai Bahan Alami, Mau Coba?

Selasa, 25 Januari 2022 | 09:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Cara Memutihkan Ketiak Ini Pakai Bahan Alami, Mau Coba?

ILUSTRASI. Cara memutihkan ketiak bisa Anda coba menggunakan bahan alami.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketiak adalah salah satu bagian tubuh yang cenderung berwarna gelap. Meski tidak terlalu membahayakan kesehatan, kondisi itu bisa mengganggu penampilan Anda. Untuk mengatasinya, berbagai macam cara memutihkan ketiak patut Anda coba.

Pigmentasi, pemakaian deodoran, dan infeksi kulit adalah beberapa contoh faktor yang menyebabkan kulit ketiak menghitam. Tentu saja Anda perlu memerhatikan beberapa faktor tersebut supaya kulit ketiak tetap cerah.

Selain itu, cobalah untuk menggunakan beberapa bahan alami berikut ini secara rutin. Tentu saja Anda perlu melakukan uji coba dulu untuk melihat apakah ada reaksi alergi atau tidak. Jika kulit tak iritasi, Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Lemon

Jika Anda mencari cara memutihkan ketiak, maka cobalah untuk memanfaatkan lemon. Asam sitrat yang terkandung dalam jenis buah itu berperan sebagai pencerah alami yang mana berpengaruh baik pada warna kulit. Caranya, gosokkan satu bagian lemon pada kulit ketiak, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air.

Baca Juga: Tak banyak yang tahu, ini 6 cara memutihkan selangkangan

Kunyit, Susu, dan Madu

Firstcry.com merekomendasikan kunyit untuk mencerahkan warna kulit ketiak. Caranya, campurkan 1 sdt bubuk kunyit dengan 1 sdt susu dan 1 sdt madu. Aduk rata kemudian aplikasikan pada kulit ketiak selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga bisa Anda manfaatkan sebagai pemutih ketiak, lho. Supaya hasilnya lebih maksimal, campurkan jenis minyak itu dengan gula merah. Aduk rata lalu gosokkan pada ketiak kemudian diamkan selama 5 menit. Selanjutnya, bersihkan memakai air hangat.

Kentang

Tahukah Anda bahwa kentang dapat dimanfaatkan sebagai cara memutihkan ketiak? Selain mencerahkan warna kulit, menggunakan kentang juga mampu mengurangi rasa gatal. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan pun tidak sulit.

Pertama, parut dan peras kentang supaya Anda bisa mendapat ekstraknya. Aplikasikan ekstrak kentang di kulit ketiak menggunakan kapas lalu diamkan dulu selama 15 menit sebelum Anda membilasnya dengan air.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan bulu ketiak, mudah Anda lakukan

Lidah Buaya

Pakai lidah buaya sebagai cara memutihkan ketiak.

Mengutip dari Firstcry.com, aloesin yang terdapat dalam lidah buaya efektif mencegah pigmentasi. Tak hanya itu, lidah buaya juga mengandung antioksidan yang bisa mengatasi peradangan kulit. Anda hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya pada ketiak selama 15 menit kemudian bilas dengan air.

Timun

Timun juga bisa jadi pencerah warna kulit, lo. Sama seperti menggunakan lemon, Anda hanya perlu menggosokkan irisan timun pada ketiak. Setelah didiamkan selama 10 hingga 15 menit, bilas ketiak dengan air.

Selain digunakan untuk mencerahkan warna ketiak, timun juga memiliki manfaat yang lain. Salah satunya adalah menyamarkan mata panda atau lingkar hitam di bawah mata. Kuncinya adalah dengan memakai bahan alami itu secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru