6 Buah Penurun Kolesterol yang Perlu Dicoba Pengidap Kolesterol Tinggi, Catat!

Selasa, 09 Agustus 2022 | 10:45 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Buah Penurun Kolesterol yang Perlu Dicoba Pengidap Kolesterol Tinggi, Catat!

ILUSTRASI. Apel adalah salah satu buah penurun kolesterol.


KONTAN.CO.ID - Salah satu cara alternatif menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan mengkonsumsi buah penurun kolesterol. Ada beberapa jenis buah penurun kolesterol yang patut Anda coba.

Pasalnya, mengkonsumsi buah penurun kolesterol secara rutin mampu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, hampir semua buah penurun kolesterol baik untuk kesehatan tubuh.

Lain halnya jika Anda mengabaikan kadar kolesterol tinggi. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti menyumbat pembuluh darah, tekanan darah tinggi, stroke, hingga serangan jantung.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar: 10 Timnas dengan Raihan Poin Tertinggi Versi FIFA

Oleh sebab itu mengkonsumsi buah penurun kolesterol adalah langkah awal menurunkan kolesterol yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Selain itu, Anda juga penting berkonsultasi dengan dokter supaya pengobatan menjadi lebih maksimal.

Melansir dari dari Good Housekeeping, berikut beberapa buah penurun kolesterol yang patut Anda coba:

Stroberi

Stroberi adalah salah satu buah penurun kolesterol yang wajib Anda coba. Pasalnya, stroberi mengandung banyak polifenol yang merupakan senyawa alami yang dapat menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Selain itu stroberi juga memiliki rasa asam manis yang lezat untuk dikonsumsi.

Raspberi

Masih dari jenis buah beri, Raspberi juga merupakan buah penurun kolesterol yang patut untuk dikonsumsi. Sama halnya dengan stroberi, raspberi juga mengandung banyak nutrisi serupa, salah satunya kaya akan serat.

Serat yang terkandung dalam raspberi mampu mengurangi kolesterol jahat serta baik untuk sistem pencernaan.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Ada Manchester City VS Bournemouth di Pekan Ke-2

Bluberi

Selain stroberi dan raspberi, bluberi juga termasuk buah penurun kolesterol loh. Selain dapat menurunkan kolesterol, mengkonsumsi bluberi secara rutin juga sekaligus dapat menurunkan risiko serangan jantung. Bluberi juga termasuk buah yang lezat untuk dikonsumsi langsung maupun diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Tomat

Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah tomat. Mengkonsumsi tomat secara rutin merupakan salah satu alternatif yang mudah untuk dilakukan. Pasalnya, tomat sangat mudah dicari karena banyak dijual di pasaran.

Tomat mengandung banyak antioksidan yang mampu menurunkan kolesterol tinggi secara efektif. Tak hanya itu, tomat juga mengandung banyak nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh.

Apel

Apel juga merupakan buah penurun kolesterol yang perlu dikonsumsi pengidap kolesterol tinggi. Apel juga mengandung banyak antioksidan yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Agar hasilnya lebih maksimal, cobalah untuk mengkonsumsi apel dengan kulitnya.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Ada Persib Bandung VS PSIS Semarang di Pekan 4

Alpukat

Alpukat adalah salah satu jenis buah penurun kolesterol yang tak boleh dilewatkan. Dilansir dari Good Housekeeping, alpukat sangat cocok dikonsumsi pengidap kolesterol tinggi karena mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kardiovaskular. Contohnya seperti lemak sehat, berbagai vitamin hingga kaya akan serat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru