6 Bagian Tubuh yang Terasa Sakit Gara-gara Asam Urat Tinggi, Waspada!

Kamis, 22 September 2022 | 08:26 WIB Sumber: Kompas.com
6 Bagian Tubuh yang Terasa Sakit Gara-gara Asam Urat Tinggi, Waspada!


KONTAN.CO.ID - Anda harus memperhatikan kadar asam urat pada tubuh. Pasalnya, kadar asam urat tinggi di dalam tubuh dalam waktu lama dapat membentuk kristal seperti jarum di area persendian atau jaringan ikat di sekitarnya.

Meskipun gejala yang paling umum terjadi di area jempol kaki, rasa sakitnya bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang pada area tubuh lainnya.

Biasanya gejala asam urat tinggi pada bagian tubuh lain disebabkan oleh asam urat yang tidak ditangani lebih awal. Lalu, di mana saja bagian tubuh yang sering merasakan sakit akibat kadar asam urat tinggi?

Serangan asam urat dapat memengaruhi bagian persendian manapun. Saat kondisinya tengah meradang, biasanya penderita asam urat akan merasakan sensasi nyeri yang luar biasa disertai kekakuan, kulit bagian terluar berwarna kemerahan, dan suhunya berubah menjadi lebih hangat.

Sejumlah gejala lain pada peradangan itu terkadang juga memicu demam, menggigil, kelelahan, dan pegal-pegal.

Baca Juga: Mengatasi Keputihan, Ini Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Sebagaimana dilansir Health Central, dampak dari serangan asam urat tidak hanya itu. Kristal asam urat yang menumpuk bisa menyebabkan nyeri di beberapa bagian tubuh lain seperti ulasan berikut ini; 

1. Serangan asam urat yang paling umum, bagian kaki

Serangan pertama saat asam urat meradang umumnya memengaruhi bagian kaki, terutama di pergelangan kaki, bagian kaki tengah, dan lutut. Kristal asam urat di jaringan lunak dan juga dapat membentuk benjolan di area jari, siku, dan telinga.

2. Serangan asam urat yang paling jarang terjadi area tubuh lain

Ketika asam urat tidak segera ditangani, maka kondisinya bisa berubah menjadi kronis dan menyebabkan peradangan di area tubuh lainnya. Serangan asam urat semacam ini menimbulkan sensasi nyeri di pergelangan tangan, jari-jari tangan, sampai bahu dan pinggul.

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi juga kerap ditemukan sensasi nyeri di area tulang belakang, nyeri punggung, atau leher.

Baca Juga: Selain Makanan Tinggi Purin, Ini 6 Hal yang Bisa Memicu Asam Urat Tinggi

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru