Kesehatan Umum

6 Aneka Buah Manis Berkhasiat untuk Asam Lambung yang Kumat

Kamis, 15 September 2022 | 12:44 WIB Sumber: Kompas.com
6 Aneka Buah Manis Berkhasiat untuk Asam Lambung yang Kumat

ILUSTRASI. Ada beberapa jenis buah-buahan yang memiliki kandungan yang dapat mencegah produksi asam lambung berlebih. Salah satunya semangka. dok/Couple Cooks


KONTAN.CO.ID - Jika asam lambung kumat, rasanya pasti sangat menyiksa. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi obat asam lambung. 

Tapi tahukah Anda, tidak semua obat untuk asam lambung rasanya pahit dan seperti ada sensasi berkapur jika diminum. Coba simak beberapa buah-buahan manis berikut ini yang diklaim ampuh mengatasi asam lambung. 

Beberapa jenis buah-buahan tersebut memiliki kandungan tertentu yang dapat menetralkan hingga mencegah produksi asam lambung berlebih. 

Aneka buah tersebut dapat dikonsumsi sehari-hari sebagai obat asam lambung yang lebih aman dan juga menyehatkan. 

Aneka buah manis berkhasiat untuk asam lambung 

Ada banyak cara untuk mengatasi asam lambung. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan. 

Melansir NDTV, berikut enam jenis buah dengan cita rasa manis yang berkhasiat mengurangi hingga mengatasi asam lambung berlebihan. 

1. Pepaya 

Buah dengan warna oranye ini juga memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Pepaya dikenal dan sudah teruji dalam beberapa penelitian mampu mencegah penyakit jantung, diabetes, kanker, menjaga kesehatan tulang, asma dan asam lambung. Pepaya mengandung vitamin K, beta-karoten, kalsium dan kaya akan vitamin A yang juga bagus untuk kesehatan mata. 

Di samping itu, pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang mampu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan serta mengurangi gejala asam lambung seperti heartburn. 

2. Semangka 

Buah berwarna merah dan rasanya manis ini kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin A dan asam amino. Semangka juga tinggi kandungan airnya yang bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. 

Selain itu, beberapa kandungan nutrisinya juga dikatakan ampuh menetralkan asam lambung. 

3. Pisang 

Pisang merupakan buah yang kaya akan potasium, serat, vitamin C, antioksidan dan fitonutrien. Beberapa kandungan tersebut diyakini dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan mengurangi refluks asam lambung. 

Kita dapat memilih buah pisang yang matang dengan rasa manis untuk jadi asupan sehari-hari. 

4. Apel 

Apel tinggi akan vitamin A, C, D, B-16 dan B-12. Apel juga tinggi kalsium, zat besi dan magnesium yang menyehatkan sistem pencernaan. Rutin mengonsumsi apel setiap hari juga dapat menenangkan perut, menetralkan asam lambung dan mengurangi produksi asam berlebih. 

5. Buah peach atau persik 

Buah dengan ukuran kecil dan berbulu ini mengandung kalsium, zat besi, magnesium, vitamin A, B6, B12 dan C. Kandungan ini dikenal dapat membantu mengatasi diabetes, masalah kulit, mencegah kanker kolorektal dan masalah pencernaan lainnya. 

Meski rasanya manis sedikit asam, namun buah persik baik dikonsumsi penderita asam lambung karena kadar asamnya rendah dan bisa mendorong pengurangan produksi asam lambung.

6. Buah tin 

Buah tin cukup populer di negara Timur Tengah. Buah dengan warna merah ini mengandung pemanis alami yang menyehatkan, mineral, kalium, kalsium dan zat besi. 

Buah tin juga tinggi akan serat yag bisa melancarkan buang air besar dan beberapa gangguan pencernaan lain seperti produksi asam lambung yang berlebih. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Buah-buahan Manis yang Ampuh Mengatasi Asam Lambung"
Penulis : Dinno Baskoro
Editor : Wisnubrata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru