kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Tanda tubuh kekurangan hormon testoron, ada yang Anda rasakan?


Selasa, 16 Februari 2021 / 11:17 WIB
5 Tanda tubuh kekurangan hormon testoron, ada yang Anda rasakan?
ILUSTRASI. Rambut rontok jadi salah satu tanda tubuh kekurangan hormon testosteron.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hormon testoren biasanya identik dengan laki-laki. Wanita juga memiliki hormon tersebut, tapi jumlahnya sedikit. Karena memiliki banyak fungsi, ada beberapa tanda yang Anda alami saat tubuh kekurangan jenis hormon tersebut.

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), hormon testoren bertugas untuk memproduksi sperma, berpengaruh pada suara, pertumbuhan rambut, tulang, dan otot. Seiring berjalannya usia, produksi hormon tersebut akan mengalami penurunan.

Seseorang dikatakan kekurangan hormon testosteron saat jumlahnya di bawah 300 ng/dl darah. Meski jarang terjadi, Anda tetap perlu memerhatikan tanda atau gejala yang muncul di tubuh Anda. Dengan begitu, Anda bisa melakukan penanganan dengan cepat dan tepat.

Rambut Rontok

Salah satu tanda tubuh kekurangan hormon testosteron adalah rambut rontok yang semakin parah. Menurut sebuah penelitian, implan testosteron dapat mengembalikan pertumbuhan rambut wanita yang mengalami kekurangan hormon seks.

Baca Juga: Selain meningkatkan kesuburan, ini manfaat mengonsumsi toge untuk kesehatan

Disfungsi Ereksi

Medical News Today menyebutkan bahwa Anda bisa mengalami disfungsi ereksi saat kekurangan hormon testosteron. Selain jumlah hormon yang terlalu sedikit, ada hal lain yang memicu disfungsi ereksi. Mulai dari stres, diabetes, tekanan darah tinggi, dan konsumsi alkohol berlebih.

Mengurangi Kepadatan Tulang

Seperti yang telah dikatakan, hormon testosteron berpengaruh pada pertumbuhan tulang. Maka dari itu, kondisi tulang akan rapuh saat tidak banyak hormon testosteron dalam tubuh Anda. Artinya, tulang Anda menjadi lebih mudah patah dan mengalami gangguan lainnya.

Sulit Tidur

Apakah Anda sering mengalami kesulitan untuk tidur? Jika iya, hal itu bisa jadi tanda tubuh yang kekurangan hormon testosteron. Sulit tidur yang terus dibiarkan akan menyebabkan gangguan lain, seperti sleep apnea, yang mana mengganggu kualitas kesehatan Anda secara keseluruhan.

Baca Juga: Perut terasa nyeri? Inilah tanda-tanda haid yang bisa Anda alami

Energi Berkurang

Tubuh yang sering lelah dan tidak berenergi bisa jadi tanda selanjutnya bahwa tubuh kekurangan hormon testosteron, lo. Keinginan untuk olahraga dan bergerak menjadi hilang. Bahkan, Anda tetap bisa merasa lelah meski sudah mendapat banyak waktu istirahat.

Setiap orang mengalami gejala yang bervariasi. Jika Anda mengalami satu atau dua tanda yang telah disebutkan, tidak ada salahnya untuk segera meminta bantuan medis. Nantinya, dokter akan menjalankan beberapa tes untuk menentukan pengobatan seperti apa yang Anda butuhkan.

Selanjutnya: Segera kurangi, 5 makanan & minuman ini bisa menurunkan gairah seks

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×