CLOSE [X]

5 Tanda Alergi Kosmetik yang Perlu Diwaspadai, Hati-Hati!

Rabu, 03 Agustus 2022 | 15:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Tanda Alergi Kosmetik yang Perlu Diwaspadai, Hati-Hati!

ILUSTRASI. Perlu Anda ketahui, ada beberapa tanda alergi kosmetik yang perlu diwaspadai.


KONTAN.CO.ID - Kosmetik atau produk kecantikan menjadi sesuatu hal yang melekat. Namun, perlu Anda ketahui ada beberapa tanda alergi kosmetik bagi yang tidak cocok menggunakannya.

Pasalnya, tidak semua orang akan cocok dengan produk kosmetik. Oleh karena itu, sebelum menyebabkan hal yang lebih parah selain alergi, penting untuk mengetahui kandungan dari produk komestik yang akan digunakan. 

Produk kosmetik seperti make up atau skin care bisa memicu alergi pada sebagai orang. Sebab, sensitivitas kulit setiap orang berbeda-beda saat zat kimia dalam kosmetik bereaksi.

Baca Juga: Gampang! Begini Cara Download dan Simpan Reels Instagram Lewat SnapInsta

Lantas, bagaimana cara mengetahui seseorang alergi kosmetik? Merangkum dari MediceneNet, berikut tanda alergi kosmetik yang perlu Anda ketahui: 

Ruam di kulit

Tanda alergi kosmetik yang pertama adalah nampaknya ruam di kulit atau kulit menjadi lebih kemerahan. Penyebabnya, ada iritasi pada kulit akibat penggunaan produk kosmetik yang kurang cocok. 

Selain kulit menjadi kemerahan, biasanya disusul dnegan kulit menjadi terasa gatal akibat alergi kosmetik tersebut. 

Mata gatal dan berair

Tidak hanya kulit yang terasa gatal, jika mata Anda gatal dan berair setelah menggunakan produk kosmetik itu bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami alergi. 

Hal tersebut biasanya karena ada produk kosmetik yang dioleskan kebagian kelopak mata sehingga dapat menimbulkan rasa gatal. Selain gatal, reaksi alergi juga bisa menimbulkan mata perih hingga bengkak juga. 

Baca Juga: Pakai Savefrom Untuk Download Video TikTok Tanpa Watermark, Caranya Praktis

Bibir bengkak 

Tanda alergi bengkak selanjutnya adalah bibir bengkak. Selain mata dan kulit yang menjadi lebih kemerahan dan gatal, bibir juga biasanya menjadi bengkak akibat alergi produk kosmetik. 

Kulit bersisik

Kosmetik adalah zat yang dioleskan ke permukaan kulit, rambut, atau kuku. Reaksi alergi kosmetik tersebut bisa juga menimbulkan kulit bersisik di area yang diolesi oleh produk kosmetik.

Jika alergi semakin parah, kulit tidak hanya bersisik tetatpi juga bisa sampai mengelupas.

Baca Juga: 8 Makanan Penurun Kolesterol yang Sebaiknya Anda Konsumsi

Lidah dan tenggorokan bengkak

Selain terjadi reaksi di bagian wajah atau kulit, tanda alergi kosmetik lainnya adalah lidah dan tenggorokan menjadi bengkak. 

Soalnya, alergi bisa segera meluas ke bagian tubuh lain. Jika hal tersebut terjadi, segeralah untuk mencari pertolongan medis. 

Demikian tanda-tanda alergi kosmetik yang perlu Anda ketahui. Semoga sehat selalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru