Penyakit Menular

5 Tahap pengembangan vaksin, mulai penelitian hingga produksi massal

Jumat, 23 Oktober 2020 | 08:50 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
5 Tahap pengembangan vaksin, mulai penelitian hingga produksi massal

ILUSTRASI. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ini, pengembangan vaksin Covid-19 sudah memasuki tahapan uji klinis fase tiga. Dengan demikian, ada satu tahapan lagi yang harus dilalui agar bisa sampai pada tahapan produksi secara massal. 

Penasaran ada berapa tahap pengembangan vaksin? Berikut penjelasannya seperti yang disarikan dari laman resmi Satgas Penanganan Covid-19.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito,  alur pengembangan vaksin dari awal sampai akhir memiliki lima tahapan.

TAHAP I

Proses awal yang harus dilakukan adalah penelitian dasar. Pada saat penelitian dasar ini peneliti menelusuri mekanisme potensial berdasarkan ilmu yang biasa dipakai (science and bio medical). Dalam penelitian dasar ini hanya fokus meneliti virus, sel-sel yang terkait virus tersebut, dan sel-sel yang diinveksi virus ini dan diperbanyak. 

Tujuannya untuk melihat sel-sel yang diperbanyak bagaiamana reaksinya dan diekstraksi virusnya dalam jumlah lebih banyak. Dan pada proses ini biasanya sudah dimulai dilakukan pembuatan vaksin dalam jumlah terbatas.

Baca Juga: Jumlah relawan untuk uji klinis vaksin Sinovac Bio Farma membludak

TAHAP II

Kemudian dilakukan uji pre-klinis untuk memastikan bahwa vaksin yang dibuat itu diuji dulu dalam sel kemudian dilanjutkan pada hewan untuk melakukan percobaan. Itu sering disebut studi envitro dan envivo. 
Tentunya dalam uji ini, untuk mengetahui keamanan apabila diujikan pada manusia. 

Pre-klinis itu untuk memastikan vaksin ini aman apabila diujikan pada manusia.

Baca Juga: Awasi ketat produsen vaksin China, BPOM: Kami datang ke pabriknya langsung

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru