kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Sayuran yang Efektif Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Selasa, 26 April 2022 / 16:16 WIB
5 Sayuran yang Efektif Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
ILUSTRASI. Seledri efektif menurunkan tekanan darah tinggi.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda penderita darah tinggi? Ini sayuran yang efektif sebagai penurunan darah tinggi.    

Mungkin sebagian orang menganggap remeh tekanan darah tinggi. Padahal, tekanan darah tinggi bisa memicu berbagai penyakit kronis seperti jantung dan stroke.  

Baca Juga: Menurunkan Darah Tinggi, Ini Manfaat Nangka untuk Kesehatan

Sekedar info, seseorang mengalami tekanan darah tinggi bila skor tekanan darah berada di atas 120/80 mmHg (orang dewasa).  

Mengutip dari Kompas.com, tekanan darah tinggi ditandai dengan beberapa gejala seperti:  

  • Sakit kepala 
  • Sesak napas 
  • Mimisan  
  • Pusing  
  • Nyeri di bagian dada  
  • Perubahan visual 
  • Keluar darah melalui urin  

Perlu Anda ketahui, gejala tersebut tidak dialami oleh semua orang yang tengah menderita darah tinggi.  

Untuk menghindari berbagai risiko kesehatan akibat darah tinggi, sebaiknya Anda memeriksa tekanan darah secara rutin. 

Sebagian orang memilih mengonsumsi obat resep dokter untuk menurunkan darah tinggi. 

Namun perlu Anda ketahui, menjalankan gaya hidup sehat dan memperbaiki pola makan juga bisa menurunkan sekaligus mengontrol tekanan darah. 

Selain itu, mengonsumsi jenis makanan tertentu juga bisa membantu menurunkan darah tinggi. 

Sayuran penurun darah tinggi

Mengutip dari FOOD NDTV, diet rendah garam serta makanan kaya serat bisa membantu menurunkan darah tinggi. 

Berikut sayuran yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi: 

1. Ubi jalar 

Ubi jalan baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Alasannya, ubi jalar tinggi potasium dan mengandung magnesium serta mangan. 

Kalium dalam ubi jalar berperan membantu mengatur tekanan darah dengan menangkal efek natrium dalam tubuh. 

2. Bayam 

Bayam mengandung lutein yang mencegah penebalan dinding arteri, sehingga mengurangi risiko serangan jantung serta tekanan darah 

Selain itu, bayam juga mengandung folat, potasium, dan magnesium yang bisa membantu mengelola tekanan darah. 

3. Kubis

Kubis mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Sebaiknya Anda mencuci kubis sampai bersih sebelum memasaknya. 

4. Wortel 

Wortel mengandung potasium dan kalium yang membantu mengendurkan ketegangan di pembuluh darah serta arteri. 

Wortel juga bermanfaat untuk mengurangi risiko aterosklerosis dan stroke. 

5. Seledri 

Berdasarkan buku berjudul Healing Foods, seledri mengandung kumarin yang membantu menurunkan tekanan darah serta membantu keseimbangan air, phtalides, antikoagulan yang mengurangi risiko pembekuan darah dan stroke serta menurunkan kadar hormon stres. 

Baca Juga: Awas! Minum Air Putih Berlebihan Bisa Memicu Masalah Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×