Tips Sehat

5 Sayur dan buah yang bagus untuk mata, lezat dan menyehatkan

Jumat, 19 Maret 2021 | 07:53 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Sayur dan buah yang bagus untuk mata, lezat dan menyehatkan

ILUSTRASI. Paprika termasuk dalam daftar sayur dan buah yang bagus untuk mata.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti bagian tubuh yang lain, kesehatan mata perlu Anda jaga. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah yang bagus untuk mata. Mulai dari paprika, mangga, jeruk, dan lain sebagainya.

Selain memerhatikan buah dan sayur yang perlu Anda konsumsi, Anda juga perlu memerhatikan makanan apa saja yang tidak baik untuk kesehatan mata. Mengutip dari Web MD (webmd.com), roti dan pasta adalah salah satu jenis makanan yang berdampak buruk untuk mata.

Tubuh mencerna karbohidrat dalam makanan itu dengan cepat. Hasilnya, jumlah gula darah meningkat sehingga berpengaruh pada fungsi indra penglihatan Anda. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk mengonsumsi beberapa jenis sayur dan buah untuk menjaga kesehatan mata.

Sayuran Hijau

Beberapa jenis sayuran hijau, seperti bayam atau kale, mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan mata supaya kondisinya tetap terjaga. Dengan mengonsumsi jenis sayuran itu, Anda bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin E, vitamin C, vitamin A, karotenoid.

Baca Juga: 7 Manfaat wortel untuk kesehatan, bisa cegah diabetes

Paprika

Paprika jadi jenis makanan selanjutnya yang berguna untuk kesehatan mata Anda. Vitamin C dari paprika baik untuk pembuluh darah di sekitar mata dan mampu menurunkan risiko katarak. Usahakan untuk mengonsumsinya dalam keadaan mentah, ya.

Nutrisi yang terkandung dalam paprika bisa hilang saat Anda memasaknya. Anda bisa mengolah paprika bersama makanan bergizi lain menjadi salad atau jenis hidangan lain yang Anda sukai. Dengan begitu, manfaat paprika bisa Anda rasakan.

Alpukat

Alpukat termasuk salah satu buah yang bagus untuk mata. Mengutip dari NDTV Food (food.ndtv.com), alpukat mengandung banyak lutein dan zeaxanthin. Senyawa tersebut mampu melindungi mata dari efek buruk sinar UV.

Baca Juga: Tak hanya gelisah, ini 5 gejala anemia yang bisa Anda alami

Mangga

Jika Anda mencari buah yang bagus untuk mata, mangga bisa jadi salah satu pilihan. Jenis buah itu mengandung banyak antioksidan serta vitamin A yang mampu menghindarkan Anda dari kondisi mata kering. Selain itu, mangga juga bisa mencegah indra penglihatan yang mengabur.

Jeruk

Buah jeruk adalah salah satu jenis buah yang bagus untuk mata.

Sama seperti paprika, jeruk juga mampu menurunkan risiko katarak. Tak hanya itu, jeruk mengandung banyak air yang mampu menghidrasi mata secara maksimal. Hal itu menunjukkan bahwa mengonsumsi jeruk secara rutin perlu Anda lakukan.

Selanjutnya: Ini sayuran yang efektif menurunkan kolesterol bila dikonsumsi secara rutin

Editor: Belladina Biananda
Terbaru