CLOSE [X]

5 Rempah-Rempah Ini Bikin Asam Urat Minta Ampun

Jumat, 13 Mei 2022 | 16:27 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
5 Rempah-Rempah Ini Bikin Asam Urat Minta Ampun

ILUSTRASI. Kayu Manis efektif menurunkan asam urat tinggi.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat tinggi ditandai dengan bengkak dan nyeri. Ini 5 rempah-rempah yang bisa menurunkan asam urat.  

Asam urat penyakit yang tidak hanya menyerang laki-laki tapi juga perempuan. Penyakit asam urat disebabkan oleh gaya hidup serta pola makan yang buruk.

Baca Juga: Begini Cara Menggunakan Kunyit untuk Meredakan Nyeri dan Bengkak Akibat Asam Urat  

Penyakit asam urat ditandai dengan nyeri, bengkak, dan kemerahan pada satu bagian tubuh tertentu.

Asal tahu saja, penyakit asam urat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan.   
Mengutip dari situs Kompas.com, beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi.   

Umumya, penderita minum obat resep dokter untuk menurunkan kadar asam urat. Perlu Anda ketahui beberapa jenis rempah-rempah efektif menurunkan asam urat tinggi. 

Rempah-rempah penurun asam urat tinggi 

Selain jadi bumbu masak, beberapa jenis rempah-rempah memiliki khasiat sebagai obat alternatif. 

Berikut rempah-rempah yang efektif menurunkan asam urat tinggi: 

1. Kayu manis 

Mengutip Jurnal Fitofarmaka Indonesia Vol.5 No. 1, kayu manis mengandung segudang senyawa aktif.  

Ekstrak kulit batang kayu manis mengandung tanin dan flavonoid. Senyawa aktif tersebutlah yang berperan menghambat produksi asam urat dalam tubuh. 

2. Kunyit 

Melansir dari Nakita.Grid.id, kunyit mengandung kurkumin yang efektif meredakan asam urat.  

Untuk merasakan khasiatnya, Anda cukup seduh satu sendok teh bubuk kunyit dengan segelas air hangat. Anda minum air kunyit tersebut dua kali sehari.    

Opsi lainnya Anda masukkan 250 mg bubuk kunyit ke dalam kapsul. Anda minum kunyit kapsul tersebut tiga kali sehari. 

3. Lada 

Selain jadi bumbu masakan, lada juga banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Salah satunya, lada efektif mengobati asam urat.  

Melansir dari buku berjudul 262 Tumbuhan Obat dan Khasiatnya, lada mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, dan minyak atsiri.  

Untuk merasakan manfaatnya, Anda siapkan merica 5 gram, jahe 10 gram, jahe merah 10 gram, kayu manis 1 jari, biji pala 5 gram, kapulaga 5 butir, cengkeh 5 butir, ubi jalar merah 200 gram, gula merah secukupnya, air 1 liter.    

Anda cuci semua bahan sampai bersih. Setelah itu, Anda rebus semua bahan sampai mendidih dan menyisahkan air sebanyak 500 ml.  

Anda bagi dua air rebusan tersebut sama banyak. Anda minum air rebusan merica dan rempah-rempah lainnya dua kali sehari dan makan ubi jalarnya.

4. Kapulaga 

Melansir dari buku berjudul Penyakit Asam Urat Kandas Berkat Herbal, kapulaga mengandung minyak atsiri, saponin, flavonid, mangan, pati, protein, polifenol, lemak, dan silikat.  

Saponin dan flavonid dalam kapulaga bermanfaat menurunkan asam urat. 

5. Jahe 

Melansir dari Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, Volume 9, Nomor 1, Juni 2020, jahe mengandung enzim siklo-oksigenasi yang bisa mengurangi peradangan.  

Selain itu, jahe memiliki sensasi rasa panas dan pedas yang bisa meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan nyeri. 

Baca Juga: 4 Teh yang Bikin Asam Urat Minta Ampun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru