kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,80   8,20   0.83%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Rekomendasi obat batuk kering yang mudah didapat


Jumat, 07 Mei 2021 / 12:21 WIB
5 Rekomendasi obat batuk kering yang mudah didapat
ILUSTRASI. Jahe merupakan salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk kering.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Batuk kering adalah salah satu jenis batuk yang tidak dibarengi dengan produksi lendir. Daripada mengonsumsi obat batuk kering yang dijual di apotek, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda.

Apalagi, jika tidak ada gejala lain yang muncul seperti demam. Sebelum menggunakan bahan alami, cara menghilangkan batuk pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghindari penyebab batuk.

Ada banyak faktor yang bisa memunculkan batuk. Mulai dari alergi, polusi udara, stres, hingga efek samping obat tertentu.

Perlu diingat, bahan-bahan alami berikut hanyalah obat batuk sementara.

Jika batuk disertai dengan gejala lain yang lebih parah dan berlangsung lama, segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Garam

Very Well Health merekomendasikan garam sebagai obat batuk kering yang cukup efektif. Cobalah untuk berkumur dengan segelas air hangat yang dicampur dengan sedikit garam.

Dengan begitu, kelembaban di sekitar tenggorokan berkurang sehingga iritasi dan inflamasi pun mereda.

Baca Juga: 7 Manfaat asam jawa untuk kesehatan: mengobati batuk sampai rematik

Jahe

Cara menyembuhkan batuk berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah dengan memanfaatkan jahe. Jenis rempah itu mampu membuat otot halus di saluran pernapasan lebih rileks sehingga batuk pun berkurang.

Selain meredakan batuk, mengonsumsi jahe juga bisa mengobati gejala asma, lo.

Anda bisa mengonsumsi air rebusan jahe secara rutin atau menghirup uap air jahe. Meski demikian, usahakan untuk tidak mengonsumsi jahe secara berlebihan karena bisa mengakibatkan sakit perut, diare, dan efek samping yang lain.

Madu

Bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk kering adalah madu. Mengutip dari Very Well Health, ada banyak nutrisi penting yang terkandung dalam madu.

Mulai dari antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus. Kandungan-kandungan itu mampu meredakan iritasi dan melawan infeksi bakteri dan virus penyebab batuk.

Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah jangan gunakan obat batuk herbal itu pada anak usia di bawah satu tahun. Penderita diabetes pun sebaiknya memilih bahan lain karena madu berpengaruh pada gula darah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi obat batuk dari bahan alami untuk Anda

Bawang putih

Salah satu manfaat bawang putih adalah digunakan sebagai obat batuk kering.

Obat batuk tradisional selanjutnya yang bisa Anda coba adalah bawang putih. Tak hanya mengatasi batuk, mengonsumsi bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Jadi, cobalah untuk mengonsumsi bawang putih secara rutin.

Kunyit

Sama seperti madu, kunyit merupakan bahan alami yang dipenuhi dengan antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri. Mengonsumsi air rebusan kunyit dapat meredakan batuk dan mengatasi gejala asma yang lain.

Tidak berhenti sampai di situ, kunyit juga bisa dijadikan salah satu obat artritis. Selain mengonsumsi air rebusan kunyit, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Namun, pastikan untuk mengonsumsinya sesuai dengan arahan dokter, ya.

Selanjutnya: Cara menyembuhkan sakit tenggorokan dengan obat alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×