5 Rekomendasi obat batuk berdahak dari bahan alami

Rabu, 10 Maret 2021 | 12:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Rekomendasi obat batuk berdahak dari bahan alami

ILUSTRASI. Madu adalah salah satu bahan alami untuk obat batuk berdahak.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu jenis batuk yang cukup sering dialami oleh banyak orang adalah batuk berdahak. Batuk berdahak ditandai dengan produksi lendir. Anda membutuhkan obat batuk berdahak supaya kondisi kesehatan Anda tidak terganggu.

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa batuk berdahak disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri di saluran pernapasan atas. Biasanya, masalah kesehatan itu lebih sering dialami anak-anak. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa batuk berdahak juga dialami orang dewasa.

Sebenarnya, ada banyak obat batuk yang dijual di pasaran. Namun, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Selain aman digunakan, obat batuk herbal juga cukup mudah untuk didapat.

Madu

Cara menyembuhkan batuk bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan madu, lo. Cobalah untuk mengonsumsi 1.5 sdt madu sebelum tidur. Tidak hanya mengurangi batuk, bahan alami itu juga mampu meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: 13 Obat herbal untuk batuk yang bahannya mudah didapat

Vitamin C

Jika Anda mencari obat batuk yang ampuh, cobalah untuk mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang besar. Ada banyak bahan alami yang mengandung banyak vitamin C. Mulai dari jeruk, lemon, anggur, dan lain sebagainya. Konsumsi sumber vitamin C itu sebanyak dua kali dalam sehari sampai batuk mereda.

Jahe

Salah satu manfaat jahe adalah dipakai sebagai obat batuk berdahak.

Jahe termasuk salam satu obat batuk tradisional yang sudah sering digunakan. Antiinflamasi dan antioksidan dalam jahe efektif mengobati batuk yang sedang Anda alami. Cobalah untuk mengonsumsi air jahe beberapa kali sehari supaya tenggorokan yang meradang akibat batuk bisa berkurang.

Air Putih

Tahukah Anda bahwa minum air putih bisa jadi obat batuk berdahak? Minum air putih akan menghindarkan tubuh Anda dari dehidrasi sehingga lebih kuat dalam melawan infeksi virus atau bakteri penyebab batuk.

Tidak berhenti sampai di situ, minum air putih dapat mencegah tenggorokan kering sehingga risiko inflamasi dan iritasi pun berkurang. Healthline merekomendasikan Anda untuk minum minimal 10 ons air putih setiap hari saat batuk.

Baca Juga: Manfaat bawang bombai sebagai obat herbal untuk flu sampai mencegah kanker

Humidifier

Selain obat batuk berdahak, yang sudah disebutkan, masalah kesehatan Anda juga bisa disembuhkan dengan humidifier. Humidifier membuat Anda terhindari dari menghirup udara kering. Dengan begitu, tenggorokan menjadi tidak kering dan lendir menjadi lebih encer sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Jika cara menghilangkan batuk berdahak yang sudah disebutkan tidak menunjukkan hasil, segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Selanjutnya: Sederet bahan alami yang efektif meredakan batuk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru