5 Pilihan makanan untuk penderita asam lambung

Selasa, 19 Januari 2021 | 12:26 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Pilihan makanan untuk penderita asam lambung

ILUSTRASI. Jahe adalah salah satu makanan untuk penderita asam lambung.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam lambung berlebih bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman, seperti menimbulkan sensasi terbakar, mual, dan lain-lain. Supaya kondisi tubuh Anda tak semakin parah, makanan untuk penderita asam lambung perlu Anda konsumsi.

Selain mengonsumsi jenis makanan tertentu, Anda juga perlu menghindari sumber makanan yang bisa memperparah asam lambung. Beberapa makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi dalam jumlah banyak adalah makanan berlemak, makanan dengan rasa asam, cokelat, dan makanan pedas.

Menjalankan pola hidup yang lebih sehat juga bisa Anda lakukan. Cobalah untuk tidak makan terlalu banyak, berhenti merokok, dan mengurangi konsumsi alkohol. Menjaga berat badan tubuh dengan sumber makanan yang aman dikonsumsi pun bisa dijadikan pilihan.

Sayuran Hijau

Makanan untuk penderita asam lambung pertama yang bisa Anda konsumsi adalah sayuran hijau. Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa sayur mengandung sedikit lemak dan gula sehingga dapat mengurangi jumlah asam lambung dalam tubuh.

Baca Juga: Ini obat herbal untuk asam lambung yang bahannya mudah didapat

Jahe

Jahe adalah salah satu bahan alami yang berguna untuk mengatasi sensasi terbakar yang muncul akibat asam lambung yang terlalu banyak. Kemampuan itu berasal dari kandungan antiinflamasi yang terdapat dalam jahe.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi jahe. Misalnya mencampur jahe pada makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Mengolahnya menjadi teh juga bisa jadi cara lain yang efektif mengatasi asam lambung.

Oatmeal

Oatmeal bisa dimanfaatkan sebagai makanan untuk penderita asam lambung.

Oatmeal termasuk dalam daftar makanan untuk penderita asam lambung, lo. Makanan yang terbuat dari gandum utuh ini mengandung banyak serat yang berguna untuk organ pencernaan Anda. Selain oatmeal, Anda bisa memenuhi kebutuhan serat dari nasi atau roti gandum utuh.

Putih Telur

Healthline merekomendasikan putih telur sebagai makanan yang bisa Anda jadikan pilihan untuk mengatasi asam lambung. Anda perlu menghindari kuning telur karena bagian itu justru mengandung banyak lemak yang bisa memperparah asam lambung Anda.

Baca Juga: Catat! ini daftar makanan dan minuman yang memicu diare

Lemak Sehat

Sebaiknya, pilih makanan untuk penderita asam lambung yang mengandung banyak lemak sehat. Beberapa sumber makanan yang mengandung nutrisi tersebut adalah alpukat, flaxseed, minyak zaitun, dan minyak wijen.

Alih-alih mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans, cobalah untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Dengan begitu, asam lambung akan menurun dan kondisi sistem pencernaan Anda menjadi lebih sehat.

Selanjutnya: 4 Manfaat ketan hitam, cocok dikonsumsi penderita obesitas

Editor: Belladina Biananda
Terbaru