kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Penyebab Mata Bengkak yang Perlu Anda Ketahui, Begini Cara Mengatasinya


Selasa, 16 Agustus 2022 / 12:18 WIB
5 Penyebab Mata Bengkak yang Perlu Anda Ketahui, Begini Cara Mengatasinya
ILUSTRASI. Ilustrasi mata bengkak


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Penyebab mata bengkak bisa dipengaruhi oleh banyak faktor mulai dari gen hingga gaya hidup yang tidak sehat. Meski demikian, Anda juga tidak boleh menyepelekan jika mengalami mata bengkak dan harus segera mengatasinya.

Terdapat beberapa jenis mata bengkak yang kerap dialami, jika dibagian atas kelopak mata biasanya disebabkan karena adanya lemak dan kulit lebih. Sedangkan dibagian bawah biasanya kulit di area mata cenderung lebih kebawah area pipi. 

Dilansir dari Real Simple, seorang Dokter ahli bedah Okuloplastik di New York, Brian Brazzo mengatakan bahwa umumnya mata bengkak muncul di area kantung mata bagian bawah dan tidak menimbulkan risiko kesehatan. Namun, hal tersebut dapat mengganggu dan kebanyakan orang umumnya tidak menginginkan matanya bengkak.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: PSIS Semarang vs Persik Kediri Jadi Pembuka Pekan Ke-5

Jika anda memiliki mata bengkak dan ingin mengatasinya berikut penjelasan dari Dr. Brian Brazzo terkait penyebab dan cara mengatasinya.

1. Gen

Menurut dokter bedah okuloplastik asal New York tersebut, kebanyakan orang mengalami mata bengkak terjadi karena gen yang dimiliki. Oleh karena itu tidak banyak cara untuk mencegah hal tersebut terjadi.

2. Kurang tidur

Kurang tidur menjadi salah satu faktor yang membuat mata bengkak. Hal tersebut perlu sedikit dihindari.

Selain karena dapat menyebab mata bengkak, kurang tidur akan berdampak negatif juga terhadap kulit dan kesehatan. Oleh karena itu tidurlah jika tidak sedang melakukan aktivitas yang kurang penting.

Dr. Brazzo mengatakan bahwa jika anda sudah mengalami mata bengkak lalu kurang tidur, di hari besoknya kondisi mata anda akan memburuk.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Pekan 2 Ada Tottenham Hostpur vs Wolves

3. Minum Alkohol

Mengkonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol sangat berpotensi menyebabkan mata bengkak. Pasalnya, alkohol membuat kulit dehidrasi sehingga dapat menyebabkan peradangan.

4. Alergi

Jika anda penderita alergi, reaksi alergi bisa memperburuk mata bengkak. Bahkan jika anda tidak memiliki alergi sekalipun, mata bengkak bisa muncul akibat lingkungan yang tidak bersih atau di musim kering dan dingin.

5. Merokok

Selain mengkonsumsi alkohol, merokok juga salah satu faktor penyebab mata bengkak. Pasalnya, seorang perokok akan kehilangan kolagen di kulit lebih cepat dibanding dengan bukan perokok.

Itulah beberapa faktor penyebab terjadinya mata bengkak. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Asam Lambung Naik yang Perlu Diwaspadai Mulai Dari Mulut Asam

Cara Mengatasi Mata Bengkak

Untuk mengatasi mata bengkak anda bisa mulai menghindari beberapa hal diastas. Contohnya, jika anda kurang tidur makan tidurlah secukupnya, begitupun yang lainnya. 

Selain itu Dr. Brazzo juga menyarakan untuk mengompres mata dengan sesuatu yang dingin selama kurang lebih 15 menit, salah satunya dengan potongan mentimun. 

Jika mata bengkak muncul terus menerus dan anda ingin menghilangkannya secara permanen, Dr. Brazzo mengatakan bahwa operasi adalah jalan terakhir. 

Menurut Dr. Brazzo mata bengkak merupakan salah satu proses penuaan yang tidak bisa dihindari. Akan tetapi mata bengkak bisa diminimalisir dan diperlambat dengan cara menjaga kesehatan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×