5 Penyebab Hipertensi Usia Muda, Harus Waspada!

Minggu, 22 Mei 2022 | 09:15 WIB   Reporter: Helvana Yulian
5 Penyebab Hipertensi Usia Muda, Harus Waspada!


KONTAN.CO.ID - Hipertensi adalah kondisi ketika tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini juga dikenal dengan darah tinggi.

Jika tidak ditangani dengan tepat, hipertensi dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, gangguan ginjal, dan bahkan kebutaan.

Ada beragam faktor risiko dan penyebab hipertensi, mulai dari pola makan tidak sehat, faktor keturunan, hingga penyakit tertentu.

Hal ini perlu Anda perhatikan dan waspadai, karena meningkatnya tekanan darah dapat berbahaya bila tidak segera dideteksi dan dikendalikan.

Dilansir dari Everyday Health, inilah penyebab hipertensi di usia muda yang harus diwaspadai, antara lain: 

1. Stres

Penyebab hipertensi di usia muda yang harus diwaspadai pertama adalah stres. Pasalnya, ketika stres hormon-hormon dalam tubuh akan mengalami perubahan.

Stres juga memiliki potensi ancaman terhadap aspek kesehatan lainnya yang berhubungan, seperti kondisi lemak darah dalam tubuh. 

2. Malas berolahraga

Penyebab hipertensi di usia muda yang harus diwaspadai kedua adalah malas berolahraga. Hal itu dikarenakan tanpa berolahraga, pembuluh darah tidak akan sehat.

Saraf-saraf tubuh menyempit dan pasokan darah baru yang berisi oksigen tidak cukup dan akan menyebabkan hipertensi dalam jangka waktu yang lama.

3. Pola makan buruk

Penyebab hipertensi di usia muda yang harus diwaspadai ketiga adalah pola makan yang buruk. Pola makan buruk bisa menjadi salah satu penyebab hipertensi pada usia remaja.

Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, jeroan, makanan siap saji, dan makanan gorengan sebaiknya dihindari.

Baca Juga: 5 Makanan yang Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

4. Kelebihan berat badan

Penyebab hipertensi di usia muda yang harus diwaspadai keempat adalah kelebihan berat badan. 

Obesitas dapat menyebabkan munculnya resistensi insulin atau menolak insulin untuk membantu gula darah masuk ke dalam sel tubuh.

Hal tersebut menyebabkan timbulnya gangguan beberapa fungsi tubuh seperti gangguan pembuluh darah, dan tertahannya natrium di dalam tubuh.

5. Konsumsi alkohol

Penyebab hipertensi di usia muda yang harus diwaspadai kelima adalah konsumsi alkohol berlebihan. 

Mengonsumsi alkohol dapat merusak pembuluh darah di seluruh tubuh, seperti arteri menuju kepala yang menjadi penyebab hipertensi pada usia muda.

Penyebab hipertensi tidak bisa disepelekan karena bisa berujung pada komplikasi penyakit yang lebih serius.

Segeralah periksa ke dokter apabila mengalami gejala terkait hipertensi, seperti sering sakit kepala, nyeri dada, sesak napas, gangguan penglihatan, dan denyut jantung tak beraturan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru