5 Penyebab Benjolan Di Selangkangan yang Perlu Diwaspadai, Hati-Hati!

Rabu, 24 Agustus 2022 | 10:57 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Penyebab Benjolan Di Selangkangan yang Perlu Diwaspadai, Hati-Hati!

ILUSTRASI. Penyebab benjolan di selangkangan. KONTAN/Daniel Prabowo/14/05/2012


KONTAN.CO.ID - Penyebab benjolan di selangkangan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Namun, benjolan di selangkangan yang jelas harus diwaspadai. Pasalnya, hal tersebut bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan. 

Mengetahui penyebab benjolan di selangkangan adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Bukan tanpa alasan, dengan mengetahui penyebab lebih cepat Anda juga bisa melakukan penanganan sesegera mungkin sebelum benjolan di selangkangan semakin memburuk. 

Pasalnya, jika benjolan di selangkangan tidak segara ditangani akan mengganggu aktivitas Anda. Serta ditakutkan akan menimbulkan gejala atau gangguan kesehatan lainnya.

Baca Juga: Top Skor BRI Liga 1 2022/2023: Matheus Pato Salip Lulinha dan David da Silva

Sehingga memeriksakan sesegera mungkin ke dokter adalah hal yang bijak untuk mengatasi benjolan di selangkangan. 

Lantas apa saja penyebab benjolan di selangkangan? 

Melansir dari Medical News Today, berikut beberapa penyebab benjolan di selangkangan yang perlu diwaspadai: 

1. Hernia

Hernia merupakan salah satu penyebab benjolan di selangkangan yang mungkin Anda alami. Hernia adalah kondisi di mana jaringan atau organ mendorong otot untuk mengelilinginya. Hal tersebutlah yang menyebabkan timbulnya benjolan di area selangkangan. 

2. Pembuluh Darah Bengkak

Penyebab benjolan di selangkangan senjutnya bisa disebabkan oleh pembuluh darah yang bengkak. Ada dua jenis pembuluh darah bengkak dan menyebabkan benjolan di selangkangan yang perlu Anda ketahui. Di antaranya aneurisma femoralis dan varicose vein. 

Dilansir dari Medical News Today, aneurisma femoralis dapat terjadi saat dinding arteri lemah. Sedangkan varicose vein dikarenakan tekanan darah vena meningkat sehingga menimbulkan benjolan.

Baca Juga: Jadwal Timnas Jerman Di Piala Dunia 2022 Qatar, Catat!

3. Infeksi Kulit

Infeksi kulit juga dapat menjadi penyebab benjolan di selangkangan. Folikel rambut di area kemaluan yang terlukan dapat memicu benjolan. Contoh infeksi kulit yang dapat menimbulkan benjolan di selangkangan seperti bisul, abses dan lain-lain. 

4. Kista

Perlu Anda ketahui kista juga bisa menjadi penyebab munculnya benjolan di selangkangan loh. Meski kista tidak bersifat kanker atau membahayakan kesehatan, kista harus segera diatasi karena dapat menimbulkan infeksi.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Pekan 6 Arema FC vs RANS Nusantara FC

5. Kelenjar Getah Bening

Penyebab benjolan di selangkangan yang tak boleh dilewatkan adalah kelenjar getah bening. Saat kelenjar getah bening terinfeksi akan membengkak dan menimbulkan benjolan di selangkangan, bahkan di bagian tubuh lain seperti ketiak dan leher pun bisa terinfeksi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru