5 Penyebab Benjolan di Belakang Telinga yang Mungkin Anda Alami

Rabu, 31 Agustus 2022 | 10:11 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Penyebab Benjolan di Belakang Telinga yang Mungkin Anda Alami

ILUSTRASI. Ilustrasi benjolan di belakang telinga


KONTAN.CO.ID - Ada beberapa penyebab benjolan di belakang telinga yang mungkin Anda alami. Penyebab benjolan di belakang telinga tersebut bisa juga menjadi tanda adanya gangguan kesehatan dalam tubub Anda.

Pasalnya, sangat penting untuk segera mengetahui penyebab munculnya bejolan di belakang telinga tersebut. Agar Anda bisa secepat mungkin melakukan pengobatan. 

Melansir dari Medical News Today, berikut beberapa penyabab benjolan di belakang telinga yang perlu Anda waspadai.

Baca Juga: Coba 4 Olahraga yang Efektif Mengecilkan Perut Buncit

1. Kista 

Kista bisa menjadi salah satu penyebab munculnya benjolan di belakang telinga. Kista adalah kantung yang berisi cairan yang muncul di semua bagian kulit, salah satunya di bagian belakang telinga. 

2. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembekakan kelenjar getah bening adalah penyebab benjolan di belakang telinga yang harus Anda waspadai. Meskipun pembekakan kelenjar betah bening tidak selalu muncul di area telinga.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Pekan 5 Ada Man City vs Nott’m Forest

3. Infeksi

Penyebab benjolan di belakang telingan lainnya adalah infeksi. Meski bisa terjadi bagian tubuh mana pun, infeksi di bagian belakang telinga bisa bermula dari kotoran telinga, sakit kepala, hingga demam. 

4. Abses 

Abses adalah benjolan yang berisi nanah dan bisa muncul di belakang telinga. Munculnya abses, menjadi tanda adanya gangguan kesehatan, khususnya sistem imun yang sedang melawan infeksi sehingga mengeluarkan nanah.

Baca Juga: 5 Gejala Penyakit Stroke yang Perlu Anda Ketahui, Hati-Hati!

5. Lipoma

Penyebab benjolan di telinga yang terakhir adalah lipoma. Kondisi tersebut tidak berbahaya karena tidak menyebar dan tidak berisiko kanker, namun kondisi tersebut tetap harus diwaspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru