kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Obat Susah BAB Berbahan Alami yang Ampuh Melancarkan Buang Air Besar


Selasa, 24 Mei 2022 / 14:33 WIB
5 Obat Susah BAB Berbahan Alami yang Ampuh Melancarkan Buang Air Besar
ILUSTRASI. Anggur adalah salah satu obat alami yang dapat membantu melancarkan susah buang air besar atau BAB.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Sembelit adalah masalah pencernaan yang ditandai dengan susahnya buang air besar (BAB). Ini tentu akan sangat mengganggu. Nah, mengonsumsi obat susah BAB berbahan alami bisa Anda jadikan alternatif untuk melancarkan buang air besar.

Obat alami BAB merupakan alternatif jika waktu tertentu Anda tidak mungkin untuk pergi ke dokter. Namun, kalau Anda sudah mengalami kesulitan BAB selama beberapa hari, maka pergilah ke dokter. 

Susah BAB biasanya disebabkan oleh keselahan asupan makanan yang dikonsumsi. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi obat alami, makanan berserat, hingga meningkatkan aktivitas fisik untuk mengatasi sembelit atau susah BAB. 

Baca Juga: Simak 6 Penyebab Benjolan di Leher yang Perlu Anda Ketahui

Untuk membantu masalah pencernaan yang Anda alami, ada beberapa rekomendasi obat alami susah BAB yang dilansir dari Chemist Direct yang mungkin bisa Anda coba di rumah:

Bayam 

Bayam merupakan salah makanan yang bisa dijadikan obat alami susah BAB. Anda bisa mengolah bayam menjadi sayuran untuk dimakan atau membuatnya menjadi jus akan menghasilkan  khasiat lebih baik. 

Lemon 

Irisan lemon

Obat alami susah BAB selanjutnya adalah lemon. Kandungan asam sitrat dalam lemon dipercaya mampu mengeluarkan zat racun dalam tubuh sehingga pencernaan menjadi lebih lancar. 

Jeruk 

Selain lemon, jeruk juga bisa Anda manfaatkan jika Anda susah BAB. Pasalnya, jeruk mengandung banyak vitamin C dan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. 

Baca Juga: 6 Manfaat Mengkonsumsi Terong Untuk Kesehatan, Baik Untuk Kesehatan Tulang Loh

Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang mengandung banyak serat. Artinya, jika Anda mengonsumsi brokoli secara rutin dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan terhindar dari sembelit. 

Anggur

Selanjutnya anggur, buah ini juga dipercaya dapat dijadikan obat alami susah BAB. Kandungan laksatif alami dalam anggur mampu mengatasi masalah susah BAB atau sembelit. Anda bisa mengonsumsi anggur langsung atau mengolahnya menjadi jus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×