5 Obat pengencer darah ini terbuat dari bahan alami

Kamis, 27 Mei 2021 | 12:08 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Obat pengencer darah ini terbuat dari bahan alami

ILUSTRASI. Bromelain yang terkandung dalam nanas bisa dijadikan obat pengencer darah.

KONTAN.CO.ID - Penggumpalan darah yang terjadi secara berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi obat pengencer darah.

Kemampuan darah untuk menggumpal memang diperlukan tubuh. Namun, jika penggumpalan darah yang terjadi secara berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Medical News Today menyebutkan, pengencer darah berguna untuk menurunkan risiko stroke atau penyakit jantung yang lain. Apalagi, jika Anda menderita kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit jantung bawaan.

Beberapa bahan alami di bawah ini bisa Anda jadikan pilihan sebagai pengencer darah. Tapi, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya. Hal itu perlu Anda lakukan untuk menghindari efek samping yang tidak diinginakan.

Bawang putih

Bawang putih termasuk salah satu bahan alami yang bisa dijadikan obat pengencer darah. Antibiotik dan antimikroba yang terkandung dalam bawang putih mampu mencegah penggumpalan darah berlebih.

Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuktikan efek tersebut.

Baca Juga: 4 Efek samping jahe untuk kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan

Kunyit

Mengutip dari Medical News Today, kunyit bisa dijadikan cara alami mengencerkan darah. Bukan tanpa alasan, curcumin yang terdapat dalam kunyit berperan sebagai antiinflamasi yang efektif untuk mengencerkan darah.

Menurut sebuah penelitian, partisipan yang rutin mengonsumsi kunyit setiap hari memiliki proses pembekuan darah yang lebih terkontrol. Anda bisa mencampur kunyit dalam berbagai macam hidangan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Nanas

Salah satu enzim penting yang terkandung dalam nanas, yaitu bromelain, berguna sebagai pengencer darah. Selain mengencerkan darah, bromelain juga mengontrol tekanan darah tinggi sehingga risiko penyakit jantung pun dapat Anda hindari.

Tidak hanya dari nanas, bromelain juga bisa Anda dapat dalam bentuk suplemen. Meski demikian, Anda tidak boleh sembarangan mengonsumsi suplemen itu. Cobalah untuk tetap berkonsultasi dengan dokter agar Anda bisa mendapat dosis yang tepat.

Baca Juga: Kunyit dipercaya ampuh sebagai obat asam lambung, begini caranya

Jahe

Jahe termasuk salah satu bahan alami yang digunakan sebagai obat pengencer darah.

Bahan alami selanjutnya yang cocok digunakan sebagai obat pengencer darah adalah jahe. Sama seperti bahan-bahan alami yang sudah disebutkan, jahe memiliki kandungan antiinflamasi yang baik untuk proses penggumpalan darah.

Kayu manis

Supaya proses penggumapalan darah dalam tubuh Anda lebih efektif, cobalah untuk mengonsumsi kayu manis secara rutin.

Meski demikian, sebaiknya jangan mengonsumsi kayu manis secara terus-menerus dalam jangka waktu lama. Dikahwatirkan jenis rempah itu justru mengganggu kesehatan liver Anda.

Selanjutnya: 4 Hal yang perlu diperhatikan sebelum minum suplemen kesehatan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru