kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Obat hipertensi ini bisa Anda dapatkan dari bahan alami


Kamis, 13 Mei 2021 / 09:37 WIB
5 Obat hipertensi ini bisa Anda dapatkan dari bahan alami
ILUSTRASI. Delima termasuk salah satu obat hipertensi.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi perlu Anda atasi dengan benar. Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak obat hipertensi yang bisa dijadikan pilihan.

Tak hanya obat yang dijual di apotek, beberapa bahan alami juga efektif menstabilkan tekanan darah Anda.

Ada banyak masalah yang bisa muncul jika tekanan darah tinggi terus dibiarkan. Misalnya, Anda lebih berisiko terkena stroke, serangan jantung, atau jenis penyakit jantung yang lain.

Tentu saja, hal itu tidak ingin Anda alami, kan? Cobalah untuk menggunakan beberapa bahan alami berikut ini secara rutin.

Selain itu, usahakan untuk menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Mulai dari menghentikan kebiasaan merokok, rajin olahraga, hingga mengatur pola makan.

Lemon

Emedi Health mengatakan, mengonsumsi lemon dapat menjaga fleksibilitas pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga tekanan darah bisa lebih terkontrol.

Anda hanya perlu mengonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan air perasan setengah lemon setiap pagi. Supaya efeknya bisa Anda rasakan secara maksimal, hindari menambah gula atau garam dalam air lemon yang Anda konsumsi.

Baca Juga: Cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, konsumsi buah ini

Delima

Tahukah Anda bahwa delima termasuk dalam daftar obat untuk darah tinggi? Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi jus delima secara rutin dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan menjaga kondisi kesehatan jantung.

Cuka apel

Tak hanya berguna untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit, cuka apel juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat hipertensi. Minumlah satu gelas air hangat yang dicampur dengan 1 sdm cuka apel setiap pagi.

Selain itu, Anda juga bisa mengkombinasikan cuka apel dengan salad.

Semangka

Semangka bisa dijadikan obat hipertensi.

Jika Anda mencari pengobatan hipertensi, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan semangka. Mengutip dari Emedi Health, tekanan darah penderita obesitas yang mengonsumsi semangka selama empat minggu mengalami penurunan.

Tidak hanya itu, mengonsumsi semangka juga efektif menjaga kondisi jantung secara keseluruhan dan menurunkan berat badan. Cobalah untuk memasukkan semangka dalam menu diet yang Anda konsumsi sehari-hari.

Baca Juga: 4 Obat herbal tekanan darah tinggi dari bahan alami

Cokelat

Obat hipertensi selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah cokelat hitam. Antioksidan yang terkandung dalam cokelat hitam berguna untuk memperlebar pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Anda bisa mengonsumsi cokelat hitam secara langsung. Selain itu, Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan bahan alami yang lain, misalnya dalam bentuk salad atau smoothies.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah cokelat yang Anda konsumsi terbuat dari 70% cocoa.

Selanjutnya: Tanpa obat, ini buah-buahan penurun tekanan darah tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×