5 Obat Alami yang Ampuh Redakan Sakit Tenggorokan

Sabtu, 19 Maret 2022 | 06:52 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Obat Alami yang Ampuh Redakan Sakit Tenggorokan

ILUSTRASI. Teh hijau salah satu obat alami sakit tenggorokan.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Sakit tenggorokan adalah salah satu masalah yang kerap banyak dialami masyarakat, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang. Untungnya, cukup banyak cara mengatasi sakit tenggorokan di antaranya dengan mengkonsumsi obat berbahan alami. 

Munculnya rasa sakit biasanya dikarenakan adanya infeksi akibat atau peradangan di area tenggorokan yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Tidak usah khawatir, sakit tenggorokan bisa diatasi dengan berbagai cara. 

Salah satu cara mengobati sakit tenggorokan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk dijadikan obat. Meski demikian, disarankan untuk tetap berkonsultasi ke dokter atau tenaga medis agar menghindar efek samping dan memaksimalkan pengobatan sakit tenggorokan tersebut. 

Baca Juga: Ini 7 Penyebab Sakit Kepala yang Umum Dialami Banyak Orang

Melansir dari Penn Medicine, ada beberapa obat alami yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. 

1. Lemon 

Pertama Anda bisa memanfaatkan lemon untuk mengobati sakit tenggorokan. Kandungan dalam lemon dipercaya dapat mengencerkan lendir di tenggorokan. 

Selain itu lemon juga banyak mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun sehingga infeksi sakit tenggorokan bisa cepat sembuh. Anda hanya tinggal mengkonsumsi campuran perasan lemon dengan air hangat.

2. Air Garam 

Selain perasan lemon, campuran garam dan air hangat juga mampu meredakan sakit tenggorokan. Pasalnya, air garam mampu melawan bakteri dan melancarkan tenggorokan. 

3. Teh Hijau

Cara mengobati sakit tenggorokan selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi teh hijau. Salah satu teh herbal tersebut cukup efektif meredakan sakit tenggorokan. 

Pasalnya, teh hijau mengandung antibakteri dan antiinflamasi yang dapat mencegah dan mengobati infeksi atau peradangan di tenggorokan. 

Baca Juga: 8 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan, Bisa Bantu Turunkan Gula Darah

4. Madu 

Bahan alami yang bisa dijadikan obat sakit tenggorokan salah satunya, madu. Madu memang mempunyi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Kandungan antibakteri dalam madu mampu mengobati sakit tenggorokan juga loh. Anda bisa mengkonsumsi madu secara langsung atau mencampurnya dengan teh herbal. 

5. Air Putih

Jangan salah air putih juga dapat membantu mengobati rasa sakit tenggorokan. Pasalnya, jika Anda mengalami dehidrasi produksi lendir akan meningkatkan sehingga menyebabkan tenggorokan semakin sakit atau tidak nyaman. 

Oleh karena itu dengan memperbanyak minum air putih bisa membantu meredakan sakit tenggorokan. Serta disarankan untuk meminum air putih hangat agar tenggorokan menjadi lebih nyaman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru