kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,79   7,33   0.80%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Obat Alami Batuk Kering, Murah dan Efektif Meredakan Tenggorokan


Sabtu, 26 Februari 2022 / 15:40 WIB
5 Obat Alami Batuk Kering, Murah dan Efektif Meredakan Tenggorokan


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Batuk kering adalah salah satu penyakit yang kerap dialami banyak orang di tengah pandemi. Salah satu cara mengatasi batuk kering, Anda bisa memanfaatkan obat-obatan alami. 

Khasiat dari obat alami tidak kalah dengan obat batuk kering pada umumnya. Selain itu, bahan-bahan obat batuk kering alami cenderung murah dan mudah didapatkan serta terkadang ada hampir di setiap rumah.

Cara pertama tentunya untuk segera melakukan pengecekan dan berkonsultasi ke dokter agar batuk kering tersebut bisa segera teratasi. 

Baca Juga: 25 Universitas Terbaik di Indonesia, Cek Sebelum Daftar SNMPTN 2022

Alternatif lain, Anda juga bisa mengobati batuk kering dengan bahan-bahan alami yang bisa Anda relatif ada di setiap rumah. 

Melansir dari Pharmeasy, terdapat beberapa rekomendasi obat-obatan berbahan alami yang bisa membantu meredakan batuk kering. Obat alami untuk batuk kering tersebut di antaranya sebagai berikut: 

1. Garam 

Batuk kering dipercaya bisa reda dengan menggunakan garam. Pasalnya, garam mampu meredakan peradangan akibat batuk kering. 

Caranya, Anda yang tinggal mencampur 1/2 sdt garam dengan air hangat. Lalu, gunakan campuran air garam tersebut untuk berkumur sehingga dapat meredakan batuk kering yng diderita. 

2. Capsaicin

Rekomendasi obat alami untuk batuk kering selanjutnya adalah capsaicin. Sebelumnya, capsaicin adalah senyawa yang terkandung di dalam cabai yang mampu meredakan batuk kering. 

Caranya mendapatkan capsaicin cukup mudah, Anda hanya tinggal merebus cabai, lalu meminum air rebusan cabai yang sudah mengandung capsaicin tersebut yang dipercaya dapat meredakan peradangan akibat batuk. 

3. Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang memiliki banyak khasiat, salah satunya dapat meredakan batuk kering. Hal tersebut dikarenakan ekstrak kunyit mengandung antisepsik, antivirus dan antiinflamasi yang mampu mengobati batuk kering. 

Baca Juga: 5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Bersih Anti Kuning!

4. Jahe 

Obat alami batuk kering lainnya yaitu jahe. Jahe terbilang cukup efektif meredakan batuk karena mengandung antinflamasi yang mampu meredakan peradangan akibat batuk tersebut. 

Tidak hanya itu, mengkonsumsi jahe juga bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh khususnya saat pandemi covid-19 seperti sekarang. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×