kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya


Senin, 26 September 2022 / 13:16 WIB
5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya
ILUSTRASI. Manfaat kopi. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Kopi menjadi salah satu minuman yang digemari oleh banyak orang karena dianggap bisa menaikkan mood saat beraktivitas. Ternyata, menurut beberapa penelitian, ada banyak manfaat kopi untuk kesehatan tubuh. 

Sejumlah manfaat kopi untuk kesehatan di antaranya adalah menurunkan risiko kanker hati, diabetes tipe 2, dan gagal jantung. 

Manfaat kopi untuk kesehatan tersebut didapatkan lantaran mengandung nutrisi yang bermanfaat, termasuk riboflavin (vitamin B-2), niacin (vitamin B-3), magnesium, potasium, dan berbagai senyawa fenolik, atau antioksidan.

Selain itu, manfaat kopi hitam yakni tanpa susu atau krim juga rendah kalori. Biji kopi juga mengandung polifenol, sejenis antioksidan.

Antioksidan dapat membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas, yang bersifat racun dan dapat menyebabkan peradangan. Lantas, apa saja manfaat kopi untuk kesehatan tubuh?

Baca Juga: Teh Herbal Penurun Asam Lambung Tinggi yang Mudah Dibuat di Rumah

Manfaat kopi untuk kesehatan 

Dirangkum dari laman Medical News Today, berikut manfaat kopi untuk kesehatan: 

1. Manfaat kopi untuk diabetes

Salah satu manfaat kopi untuk kesehatan yakni dapat membantu melindungi terhadap diabetes tipe 2. 

Para ilmuwan telah menemukan hubungan antara peradangan dan berbagai aspek sindrom metabolik, termasuk diabetes tipe 2 dan obesitas. 

Sebuah penelitian dari 2017 menyimpulkan bahwa orang yang minum empat hingga enam cangkir kopi berkafein atau tanpa kafein setiap hari tampaknya memiliki risiko sindrom metabolik yang lebih rendah, termasuk diabetes tipe 2.

Baca Juga: 5 Tips Penting untuk Moms Potong Setengah Anggaran Makanan Jadi Lebih Hemat

2. Manfaat kopi untuk penyakit Parkinson

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kafein, yang ada dalam kopi dan banyak minuman lainnya, dapat membantu melindungi tubuh terhadap penyakit Parkinson.

Manfaat kopi tersebut disimpulkan dari penelitian yang menyatakan bahwa pria yang minum lebih dari empat cangkir kopi per hari mungkin memiliki risiko Parkinson lima kali lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Selain itu, kafein dalam kopi dapat membantu mengontrol gerakan pada orang dengan Parkinson, menurut sebuah studi tahun 2012. Selain itu, bahwa seseorang yang minum kopi kemungkinan kecil mengalami depresi dan kondisi kognitif seperti Alzheimer.

3. Manfaat kopi untuk kanker hati

Sebuah penelitian menemukan bahwa manfaat konsumsi kopi untuk kesehatan mampu membantu menurunkan risiko kanker hati sekitar 40%. Beberapa hasil menunjukkan bahwa orang yang minum tiga cangkir per hari mungkin memiliki risiko 50% lebih rendah menderita kanker hati. 

Baca Juga: Mengenal 7 Jenis Minuman Kopi Ala Kafe yang Paling Sering Dibeli

4. Manfaat kopi untuk penyakit liver

Selanjutnya, manfaat kopi untuk kesehatan yakni dapat mengurangi risiko kanker hati, penyakit hati, dan sirosis. Orang yang mengonsumsi kopi mungkin juga memiliki risiko penyakit batu empedu yang lebih rendah.

5. Manfaat kopi untuk kesehatan jantung

Selain itu, salah satu manfaat kopi untuk kesehatan adalah dapat melindungi tubuh dari risiko gagal jantung. Sebuah penelitian pada 2012 menyimpulkan bahwa minum kopi dalam jumlah sedang, atau mengonsumsi sekitar dua porsi 8 ons kopi per hari dapat melindungi dari gagal jantung.

Orang yang minum kopi dalam jumlah sedang setiap hari memiliki risiko gagal jantung 11% lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Baca Juga: 3 Cara Bikin Buah Alpukat Tak Berubah Warna Jadi Kecoklatan, Sudah Terbukti!

Efek samping minum kopi dan kafein

Meski ada sejumlah manfaat kopi untuk kesehatan, namun tetap ada risiko atau efek samping kopi jika mengonsumsinya terlalu banyak. Berikut beberapa risiko atau efek samping minum kopi terlalu banyak:

1. Patah tulang

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa wanita yang minum banyak kopi mungkin memiliki risiko patah tulang yang lebih tinggi. Sementara, pria dengan asupan kopi yang lebih tinggi, di sisi lain, tampaknya memiliki risiko yang sedikit lebih rendah.

2. Kehamilan

Para peneliti menambahkan bahwa konsumsi kopi mungkin tidak aman selama kehamilan. Faktanya, ada beberapa bukti yang menunjukkan hubungan antara konsumsi kopi yang tinggi dengan keguguran, berat badan lahir rendah, dan kelahiran prematur.

Baca Juga: 10 Bahan Alami yang Bisa Menurunkan Asam Lambung Tinggi

3. Endometriosis

Endometriosis adalah suatu gangguan pada jaringan yang biasanya melapisi rahim tumbuh di luar rahim.

Perempuan yang rutin mengonsumsi kopi kemungkinan memiliki risiko lebih tinggi mengidap endometriosis. Tetapi tidak ada cukup bukti untuk mengonfirmasi hubungan tersebut.

4. Penyakit refluks gastroesofagus

Orang yang minum kopi secara berlebihan kemungkinan memiliki risiko lebih tinggi menderita penyakit refluks gastroesofagus.

Baca Juga: Asam Lambung Menimbulkan Rasa Terbakar di Tenggorokan, Bisa Sembuh atau Tidak?

5. Gangguan kecemasan

Mengonsumsi kafein dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan risiko kecemasan, terutama di antara orang-orang dengan gangguan panik atau gangguan kecemasan sosial. Lebih jarang, itu dapat memicu mania dan psikosis pada mereka yang rentan.

6. Kesehatan mental

Salah satu penelitian dari 2016 menyimpulkan bahwa asupan kafein yang tinggi selama masa remaja dapat menyebabkan perubahan permanen di otak.

Nah, itulah sejumlah risiko atau efek samping kopi dan manfaat kopi untuk kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×