kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi


Rabu, 07 Juni 2023 / 11:33 WIB
5 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi
ILUSTRASI. Manfaat kembang kol untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kembang kol untuk kesehatan tubuh sudah menjadi jaminan didapatkan karena telah teruji klinis. Namun, manfaat kembang kol tersebut bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin.

Oleh sebab itu, manfaat kembang kol untuk kesehatan tubuh sangat menarik perhatian. Serta manfaat kembang kol untuk kesehatan juga tidak perlu diragukan lagi.

Di Indonesia sendiri kembang termasuk salah satu sayuran yang cukup populer. Serta tak jarang kembang kol juga kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Banyak manfaat yang didapatkan saat mengkonsumsi kembang kol tak lepas dari kandungan nutrisi sayuran tersebut.

Kandungan nutrisi kembang kol di antaranya seperti serat, natrium, kalium, kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin D, vitamin B dan lain-lain.

Lalu apa saja manfaat kembang kol untuk kesehatan?

Melansir dari BBC Food, berikut beberapa manfaat kembang kol untuk kesehatan:

1. Mengandung Banyak Antioksidan

Salah satu manfaat kembang kol untuk kesehatan di antaranya mengandung banyak antioksidan. Kandungan antioksidan dalam kembang kol mampu mengurangi peradangan dan menangkal berbagai radikal bebas yang membahayakan kesehatan.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Pakcoy Untuk Kesehatan Jika Rajin Dimakan Sehari-hari

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Mengkonsumsi kembang kol juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak. Pasalnya, kembang kol mengandung kolin, salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga suasana hati, memori dan daya ingat serta kesehatan otak lainnya.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Kembang kol juga bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker. Hal tersebut dikarenakan mengandung sifat antikanker dan sulforaphone yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker.

Sulforaphane dalam kembang kol juga mampu melawan kanker dalam beberapa cara termasuk melindungi sel dari kerusakan DNA serta menonaktifkan karsinogen.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan, Punya Banyak Protein Loh

4. Menjaga Keseimbangan Hormon

Tak berhenti disitu, kembang kol juga mampu menjaga keseimbangan hormon. Pasalnya, kembang kol mengandung senyawa bernama indole-3-carbinol (I3C) yang bertindak sebagai estrogen tanaman dan dapat membantu menyeimbangkan hormon dengan mengatur kadar estrogen. 

I3C dalam kembang kol juga telah menunjukkan harapan sebagai sarana untuk mengurangi risiko kanker payudara dan reproduksi yang diinduksi estrogen pada pria dan wanita, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan di bidang ini.

Baca Juga: Simak 5 Obat Penurun Tekanan Darah Tinggi yang Mudah Didapatkan

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat kembang kol untuk kesehatan yang tak boleh terlewatkan yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal tersebut dikarenakan kembang kol kaya akan nutrisi, salah satunya vitamin C. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam kembang kol mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×