Kesehatan Umum

5 Manfaat jus alpukat untuk kesehatan tubuh Anda

Selasa, 17 November 2020 | 08:54 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat jus alpukat untuk kesehatan tubuh Anda

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat jus alpukat yang bisa dirasakan tubuh.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menikmati alpukat. Selain dikonsumsi secara langsung, jenis buah ini juga cocok diolah menjadi jus. Manfaat jus alpukat dalam artikel ini bisa dirasakan tubuh saat Anda mengonsumsinya secara rutin.

Mengandung Banyak Lemak

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak lemak. Mengutip dari Healthline (healthline.com), 77% kalori dalam alpukat terbuat dari lemak. Angka tersebut didominasi oleh monounsaturated fatty acid bernama oleic acid yang berguna untuk kesehatan.

Oleic acid berguna untuk meredakan peradangan dalam tubuh, jadi berkaitan pula untuk menurunkan resiko kanker. Selain dikonsumsi dalam bentuk jus, alpukat juga bisa digunakan dalam bentuk minyak untuk memasak. Oleic acid lebih tahan panas sehingga aman untuk dimasak.

Kaya Serat

Manfaat jus alpukat selanjutnya datang dari banyaknya serat yang terkandung dalam alpukat. Serat membantu Anda menurunkan berat badan dan mengurangi lonjakan gula darah sehingga menurunkan resiko berbagai macam penyakit.

Baca Juga: Inilah 11 buah-buahan penurun berat badan, pas dikonsumsi jika sedang diet karbo

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Salah satu manfaat jus alpukat adalah berguna untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Selain manfaat-manfaat di atas, jus alpukat juga berguna untuk kesehatan jantung. Mengutip dari Healthline, alpukat bisa mengurangi jumlah kolesterol LDL, menambah jumlah kolesterol HDL, dan menurunkan trigliserida hingga 20%.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi alpukat dan makanan rendah lemak lainnya mampu memperbaiki jumlah kolesterol dalam tubuh. Namun, penelitian itu dilakukan hanya dalam waktu singkat dan melibatkan sedikit partisipan. Jadi, penelitian lebih lanjut tetap perlu dilakukan.

Memiliki Banyak Antioksidan

Manfaat jus alpukat lain yang bisa Anda dapat adalah kesehatan mata menjadi terjaga. Hal itu disebabkan karena adanya antioksidan yang bernama zeaxanthin dan lutein.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi alpukat secara rutin bisa mengurangi resiko penyakit mata yang biasanya dialami orang tua. Misalnya, katarak atau degenerasi makula. Hal tersebut menunjukkan bahwa mengonsumsi alpukat dalam jangka waktu lama berguna untuk kesehatan mata.

Baca Juga: Daun alpukat bermanfaat sebagai obat herbal penurun tekanan darah tinggi

Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa alpukat bisa membantu Anda menurunkan berat badan. 28% partisipan dalam penelitian mengalami penurunan nafsu makan setelah mengonsumsi alpukat. Hal itu bisa dijadikan cara agar Anda tak mengonsumsi makanan secara berlebihan sehingga berat badan bisa turun.

Selanjutnya: 4 Buah penurun darah tinggi yang wajib dicoba

Editor: Belladina Biananda


Terbaru