kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat daun kumis kucing ini tak boleh Anda lewatkan


Selasa, 01 Desember 2020 / 09:13 WIB
5 Manfaat daun kumis kucing ini tak boleh Anda lewatkan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daun kumis kucing merupakan salah satu tanaman herbal yang mengandung banyak manfaat. Jenis bahan alami ini bisa Anda konsumsi dalam berbagai bentuk, seperti teh, kapsul, tablet, dan lain-lain. Berikut ini manfaat daun kumis kucing yang bisa Anda dapatkan.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi yang tak terkontrol bisa menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh, apalagi kesehatan jantung Anda. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi itu, salah satunya adalah dengan menggunakan daun kumis kucing.

Hal itu disebabkan karena adanya kandungan antioksidan dan antiinflamasi. Tak hanya itu, daun kumis kucing juga mengandung zat kimia bernama methylripariochromene. Zat kimia itu mampu menurunkan tekanan darah sistolik saat diujikan pada tikus percobaan.

Mengatasi Masalah Sistem Pernapasan

Jika Anda mengalami masalah sistem pernapasan, misalnya asma atau batuk, cobalah untuk mengatasinya dengan daun kumis kucing. Healthbenefitstimes.com mengatakan bahwa jenis bahan alami ini akan memberikan dampak yang lebih efektif jika dikombinasikan dengan bahan alami lain.

Baca Juga: Catat, 9 jenis makanan yang aman dikonsumsi penderita asam urat

Mengatasi Batu Ginjal

Salah satu manfaat daun kumis kucing adalah mengatasi batu ginjal yang berukuran hingga 5 cm. Tak hanya batu ginjal, daun kumis kucing juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah ginjal yang lain, seperti infeksi ginjal kronis, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kencing, dan lain sebagainya.

Mengontrol Jumlah Gula Darah

Healthbenefitstimes.com mengatakan bahwa daun kumis kucing juga berguna untuk mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh. Artinya, bahan alami ini cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Meski demikian, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping yang tak diinginkan. Dengan begitu, kesehatan tubuh Anda tetap terjaga dan tak memburuk.

Baca Juga: Anda menderita diabetes? Brotowali bermanfaat sebagai obat herbal diabetes melitus

Menurunkan Berat Badan

Daun kumis kucing bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan berat badan.

Berat badan berlebih dapat menimbulkan banyak masalah. Tidak hanya mengganggu penampilan, obesitas juga bisa menyebabkan banyak penyakit. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menurunkan berat badan agar kesehatan tubuh terjaga.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapat berat badan ideal. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi daun kumis kucing. Anda bisa mengonsumsi daun kumis kucing dengan beberapa cara sesuai dengan yang Anda sukai. Misalnya, meminumnya dalam bentuk teh.

Selanjutnya: Wow, ini manfaat daun kumis kucing sebagai obat herbal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×