kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!


Selasa, 20 Juni 2023 / 11:56 WIB
5 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!
ILUSTRASI. Petani menunjukkan tanaman buah Tin atau Ara di kebun Pengembangan Pertanian Masa Depan, perumahan Griya Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/10/2020). ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa manfaat buah tin untuk kesehatan tubuh sebaiknya Anda ketahui. Meski tidak sepopuler buah lainnya, manfaat buah tin juga telah teruji secara klinis khasiatnya.

Dibalik bentuk dan tekstur yang unik, buah tin mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tak heran buah tin menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah tin di antaranya seperti serat, protein, kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin E dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Jambu Air untuk Kesehatan, Baik untuk Kulit Hingga Kolesterol

Selain mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, buah tin juga mempunyai rasa manis yang khas. Sehingga buah tin bisa dikonsumsi secara langsung, maupun diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Penasaran apa saja manfaat buah tin untuk kesehatan?

Melansir dari BBC Good Food, simak beberapa manfaat buah tin untuk kesehatan, di antaranya:

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Bagi Anda yang mempunyai masalah atau gangguan pencernaan mengkonsumsi buah tin rasanya patut untuk dicoba. Pasalnya, buah tin memiliki manfaat yang mampu melancarkan sistem pencernaan.

Hal tersebut dikarenakan buah tin mengandung banyak serat yang bersifat prebiotik. Sehingga membuat usus menjadi lebih sehat dan pencernaan lebih lancar.

Baca Juga: Cek 5 Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan, Baik Bagi Asam Urat Hingga Otot

2. Kaya Antioksdan

Salah satu manfaat buah tin yang perlu Anda ketahui yaitu mengandung banyak antioksidan. Antioksidan khususnya polifenol membantu mencegah oksigen bereaksi dengan bahan kimia lainyang menyebabkan kerusakan sel dan jaringan dalam tubuh.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Buah tin juga termasuk salah satu buah yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Sehingga mengkonsumsi buah tin sangat cocok dilakukan khususnya bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Dilansir dari BBC, sebuah studi yang meneliti efek spesifik dari ekstrak buah tin pada hewan menunjukkan penurunan tekanan darah bagi mereka yang memiliki hipertensi.

Baca Juga: 5 Pantangan Asam Urat yang Penting Dihindari, Apa Saja?

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain susu, buah tin juga mempunyai manfaat yang mampu menjaga kesehatan tulang. Pasalnya, buah tin juga mengandung kalsium, magnesiu dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang.

Buah tin sangat kaya akan kalsium, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah tin mengandung 3,2 kali lebih banyak daripada buah-buahan lainnya. Selain itu, mengkonsumsi buah tin juga mampu meminimalisir risiko osteoporosis.

Baca Juga: 5 Obat Diabetes Alami yang Mudah Didapatkan, Catat Ya!

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah tin juga sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan buah tin dapat membantu menurunkan berat badan.

Hal tersebut dikarenakan buah tin mengandung banyak serat, vitamin dan mineral yang baik dikonsumsi saat diet. Selain itu, mengkonsumsi buah tin juga dapat memberikan perasaan lebih kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×