5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan, Bisa Bantu Mengatasi Diabetes

Rabu, 07 September 2022 | 05:06 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan, Bisa Bantu Mengatasi Diabetes

ILUSTRASI. Buah Naga


KONTAN.CO.ID - Buah naga adalah salah satu buah yang mempunyai warna dan rasa manisnya yang khas. Namun tahukah Anda kalau buah naga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan?

Mengkonsumsi buah naga disebut-sebut baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah mampu menjaga kesehatn jantung, dapat mengontrol kadar gula darah, sehingga buah naga termasuk salah satu makanan yang bisa dikonsumsi penderita diabetes.

Selain itu, buah naga juga mempunyai ciri khas dengan warna merahnya yang dapat menggunggah selera. Tak heran buah naga sering dijadikan bahan untuk berbagai jenis makanan.

Baca Juga: Selain Enak, Ini 6 Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat yang dimiliki buah naga itu berasal dari kandungan-kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan dalam buah naga tersebut di antaranya vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, zat besi, kalsium, antioksidan dan masih banyak lagi nutrisi baik lainnya.

Lantas apa saja manfaat dari buah naga? 

Melansir dari Lifehack, buah naga mempunyai beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan, salah satunya dapat membantu menurunkan kadar gula. Selain itu terdapat manfaat lain dari buah naga, di antaranya: 

1. Menjaga Kesehatan Jantung 

Buah naga ini tidak hanya memiliki rasa yang enak, namun juga banyak manfaat khusus dapat menjaga kesehatan jantung. 

Pasalnya buah naga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk jantung serta dapat menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh. 

2. Mencegah Penuaan 

Buah naga memiliki manfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Pasalnya kandungan nutrisi dalam buah naga baik untuk kesehatan kulit. 

Anda bisa menggunakan ekstrak buah naga untuk digunakan sebagai masker dan gunakan secara rutin. 

Baca Juga: Jadwal Timnas Kroasia Di Piala Dunia 2022 Qatar, Catat!

3. Meningkatkan Zat Besi 

Manfaat buah naga selanjutnya adalah meningkatkan zat besi. Zat besi merupakan salah satu hal yang penting bagi kesehatan, pasalnya zat besi mempunyai peran untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. 

Terlebih jika kekurangan zat besi, Anda akan merasa lemas cepat lelah dan lain-lain. 

4. Membantu Mengatasi Diabetes 

Manfaat buah naga terakhir adalah dapat membantu atasi penderita diabetes. Pasalnya, buah naga mengandung banyak serat yang baik bagi kesehatan khususnya dapat mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Sehingga buah naga cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Demikian beberapa manfaat dari buah naga. Meski demikian, agar manfaat menjadi lebih maksimal disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter guna sekaligus meminimalisir efek samping, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Simak! 5 Cara Mencegah Asam Urat Naik yang Penting Untuk Diketahui

5. Obat Jerawat

Wajah Anda bermasalah karena ada jerawat? Tidak usah khawatir, buah naga bisa membantu untuk menghilangkan jerawat. Seperti yang sudah dikemukakan di atas buah naga memiliki kandungan yang baik bagi kulit oleh karena itu bisa dijadikan sebagai obat jerawat. 

Anda hanya tinggal membuat masker dari buah naga, lalu oleskan kebagian wajah. Setelah itu tunggu sampai beberapa menit, lalu bersihkan dengan air hangat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru