kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat buah anggur untuk tubuh, bisa turunkan kolesterol


Jumat, 13 Agustus 2021 / 10:20 WIB
5 Manfaat buah anggur untuk tubuh, bisa turunkan kolesterol


Reporter: Helvana Yulian | Editor: Helvana Yulian

KONTAN.CO.ID - Anggur memiliki berbagai warna, ada yang merah keunguan, hijau, dan hitam. Rasanya yang sedikit asam dan manis memberikan sensasi segar saat mengonsumsinya, membuat banyak orang menyukai buah anggur. Tidak hanya segar, anggur memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh.

Anggur termasuk buah yang bisa Anda makan dengan berbagai cara. Mulai dari memakannya secara langsung, dibuat jus, sampai bisa Anda olah menjadi kismis. Selain bisa Anda olah menjadi berbagai macam makanan, anggur juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Kelapa Yang Wajib Anda Tahu

Berikut beberapa manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh yang luar biasa.

1. Menjaga kesehatan mata

Selain wortel, anggur juga memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan mata. Buah ini mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid dengan sifat antioksidan yang penting bagi kesehatan mata, dikutip dari Healthline.

Mengutip dari American Optometric Association, lutein dan zeaxanthin dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata kronis seperti katarak dan degenerasi makula pada lansia.

2. Mengatasi berbagai masalah kulit

Selain rasanya yang segar dan enak manfaat anggur sangat banyak sekali. Senyawa resveratrol pada anggur dapat memperlambat proses penuaan dan mengatasi berbagai masalah kulit.

Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat meningkatkan produksi kolagen, menjaga kekenyalan wajah, dan mencegah keriput.

Baca Juga: Lengkap! Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

3. Mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbanyak di dunia. National Library of Medicine menerbitkan artikel yang menjelaskan bahwa kandungan resveratrol dalam anggur dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Resveratrol adalah salah satu jenis antioksidan yang bisa memperlambat pertumbuhan sel tumor dan kanker. 

4. Menurunkan kadar kolesterol

Anggur berwarna merah memiliki manfaat sebagai cara alami menurunkan kadar kolesterol dan trigliseridatinggi. Mengutip dari jurnal Food & Function, kadar kolesterol jahat (LDL) menurun setelah rutin mengonsumsi buah anggur setiap hari. 

Keberhasilan tersebut berkat kandungan resveratrol dan saponin. Kedua zat tersebut bisa menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah. Dengan begitu, kadar kolesterol Anda pun tetap seimbang. 

5. Mengoptimalkan kinerja ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi menetralisir racun dan zat-zat berbahaya dalam tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk keringat atau kotoran.

Ekstrak anggur dapat membantu proses sekresi tubuh dengan cara mengeluarkan asam berlebihan, sehingga meringankan beban kerja ginjal dan menjaganya tetap sehat.

Selanjutnya: 5 Manfaat Mengonsumsi Makanan Sehat untuk Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×