Kesehatan Umum

5 Manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh

Kamis, 19 November 2020 | 10:28 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat nasi merah yang bisa dirasakan tubuh Anda. Foto: DOK Nasi Obong


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda terbiasa mengonsumsi beras merah daripada beras putih? Nyatanya, kebiasaan itu mendatangkan manfaat, lo. Manfaat beras merah berasal dari banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mulai dari serat, vitamin B1, kalsium, dan zat besi.

Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas terbentuk setelah tubuh mengeluarkan energi. Jika jumlahnya terus menumpuk, tubuh bisa mengalami berbagai jenis penyakit. Untuk menghindari hal itu, Anda bisa mengonsumsi beras merah secara rutin.

Zat besi dan mangan dalam beras merah berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan serangan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, beras merah juga mengandung zinc yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka dan meningkatkan mekanisme pertahan tubuh.

Mengandung Vitamin B6

Healthbenefitstimes.com mengatakan bahwa beras merah mengandung banyak vitamin B6. Jenis vitamin tersebut mampu meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh. Tak hanya itu, fungsi organ-organ dalam tubuh juga mampu bekerja dengan lebih maksimal ketika kebutuhan vitamin B6 terpenuhi.

Baca Juga: Manfaat komplit makan nasi merah

Menurunkan Kolesterol

Manfaat beras merah lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah kolesterol Anda bisa lebih terkontrol. Jumlah kolesterol berlebih dalam tubuh Anda bisa turun karena adanya monacolin K dalam beras merah.

Namun, Anda tidak boleh sembarangan mengonsumsi beras merah. Jenis beras tersebut dapat mengakibatkan produksi gas berlebih, heartburn, dan pusing. Jadi, jika Anda masih berusia di bawah 18 tahun, penderita penyakit liver, atau wanita hamil, sebaiknya jangan mengonsumsi beras merah.

Menurunkan Resiko Obesitas

Mengutip dari Healthbenefitstimes.com, beras merah bisa membuat Anda lebih kenyang sehingga keinginan untuk makan berkurang. Tak hanya itu, beras merah juga memberikan energi yang lebih banyak, meningkatkan sistem pencernaan, dan rendah lemak.

Baca Juga: Ini manfaat kesehatan dari beras hitam yang dulu hanya untuk para bangsawan

Resiko obesitas atau kelebihan berat badan bisa menurun jika Anda mengonsumsi beras merah setiap hari. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter terlbih dahulu agar program diet yang Anda jalankan bisa lebih efektif dan maksimal.

Menguatkan Tulang

Salah satu manfaat beras merah adalah menguatkan tulang manusia.

Manfaat beras merah lainnya yang bisa dirasakan tubuh Anda adalah tulang bisa menjadi lebih kuat. Hal itu disebabkan karena banyaknya magnesium yang terkandung dalam beras merah. Tubuh yang kekurangan magnesium bisa menyebabkan osteoporosis dan kepadatan tulang berkurang.

Selanjutnya: Ini makanan yang baik dan buruk untuk dikonsumsi penderita asam urat

Editor: Belladina Biananda


Terbaru