kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Makanan Penurun Gula Darah Terbaik


Senin, 03 Januari 2022 / 07:00 WIB
5 Makanan Penurun Gula Darah Terbaik
ILUSTRASI. Alpukat adalah salah satu makanan penurun gula darah.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Diabetes atau penyakit sejenis lainnya disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari pola hidup, berat badan, stres, dan lain-lain. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit itu, salah satunya adalah mengonsumsi makanan penurun gula darah berikut ini.

Makanan Laut

Makanan laut, seperti ikan dan kerang, cocok digunakan untuk mengatur level gula darah karena mengandung protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Mengutip dari Healthline, protein berfungsi untuk memperlambat pencernaan sehingga Anda menjadi lebih mudah kenyang. 

Dengan begitu, lemak berlebih akan berkurang karena Anda tak banyak makanan. Hal tersebut sangat berpengaruh pada jumlah gula darah dalam tubuh Anda.

Labu

Makanan penurun gula darah selanjutnya yang layak Anda konsumsi adalah labu. Dalam labu, terdapat banyak karbo bernama polisakarida yang bisa mengurangi jumlah gula darah.

Baca Juga: Ini obat herbal yang efektif mengobati penyakit diabetes melitus

Hal yang sama juga berlaku bagi biji labu. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat bagaimana proses masak berpengaruh pada efektivitas labu menurunkan gula darah.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki segudang manfaat, salah satunya bisa dimanfaatkan untuk menurunkan gula darah. Alpukat kaya akan lemak sehat, serat, mineral, dan vitamin. Selain bisa menurunkan gula darah, alpukat juga cocok dikonsumsi bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

Telur

Healthline mengatakan, makanan penurun gula darah lainnya yang bisa Anda coba adalah telur. Jenis makanan ini mengandung banyak protein, lemak sehat, antioksidan, mineral, dan vitamin.

Sebuah penelitian yang melibatkan 42 orang penderita obesitas atau diabetes menunjukkan bahwa konsumsi telur membuat gula darah menurun. Makan sebutir telur tiap hari mampu mengurangi gula darah sebanyak 4.4% dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga: Jus pare efektif mengobati penyakit diabetes melitus, ini panduan membuatnya

Apel

Ada banyak makanan penurun gula darah, salah satunya adalah apel.

Apel bisa mengurangi gula darah dan mencegah diabetes karena banyaknya kandungan bermanfaat di dalamnya. Mulai dari serat, quercetin, chlorogenic acid, dan gallic acid. Selain apel, Anda bisa mendapat manfaat tersebut dengan mengonsumsi bluberi atau anggur.

Yogurt

Salah satu produk olahan susu atau dairy product, yaitu yogurt, mampu mengurangi jumlah gula darah dalam tubuh. Sebuah penelitian yang melibatkan 32 orang dewasa selama empat minggu membuktikan hal itu.

Dalam penelitian itu, peserta yang mengonsumsi 150 g yogurt tiap hari memiliki kontrol jumlah gula darah yang lebih baik daripada mereka yang tak rutin mengonsumsi yogurt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×