5 makanan penting sebagai cara menyembuhkan mata minus

Jumat, 10 Desember 2021 | 10:22 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 makanan penting sebagai cara menyembuhkan mata minus

ILUSTRASI. Makan telur secara teratur termasuk cara menyembuhkan mata minus.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mata minus memang tidak bisa benar-benar diobati. Namun, bukan berarti tidak ada cara menyembuhkan mata minus yang dapat Anda coba. Mengonsumsi beberapa jenis makanan bisa memperlambat kerusakan mata yang lebih parah.

Anda perlu memperhatikan asupan beberapa jenis nutrisi, mulai dari vitamin A, vitamin C, dan lain sebagainya nutrisi-nutrisi itu dibutuhkan tubuh Anda untuk melindungi kesehatan mata. Anda tidak perlu khawatir karena kebutuhan itu bisa terpenuhi dengan mengonsumsi bahan alami.

Meski makanan-makanan di bawah ini bisa Anda konsumsi dengan mudah, bukan berarti Anda bebas melakukannya, ya. Anda tetap perlu berkonsultasi dulu dengan dokter, apalagi jika kondisi kesehatan mata sudah terlalu buruk.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah jenis makanan pertama yang perlu Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Ada banyak nutrisi yang bisa Anda temukan dalam sayuran hijau. Contohnya, lutein, antioksidan, vitamin C, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Mencegah Mata Minus pada Anak

Telur

Mengutip dari Kraff Eye Institute (kraffeye.com), memiliki banyak vitamin E, vitamin C, dan lutein yang baik untuk kesehatan mata. Anda bisa mengolah telur menjadi berbagai jenis hidangan. Namun, pastikan untuk menggunakan cara-cara yang sehat, ya.

Ikan

Makan ikan bisa jadi cara menyembuhkan mata minus.

Cara menyembuhkan mata minus berikutnya adalah dengan mengonsumsi ikan secara teratur. Omega 3, salah satu asam lemak yang terkandung dalam ikan memiliki peranan penting dalam tubuh. Salah satunya adalah menjaga kesehatan indra penglihatan Anda.

Baca Juga: Penyakit mata bisa disembuhkan dengan air mawar, sudah tahu?

Buah Sitrus

Rutin makan buah sitrus termasuk cara menyembuhkan mata minus selanjutnya yang dapat Anda praktikkan. Lemon, jeruk nipis, dan jenis buah sitrus lain dipenuhi dengan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Artinya, mengonsumsi jenis buah itu baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Daging Sapi

Apakah Anda gemar mengonsumsi daging sapi? Ternyata, jenis daging itu baik untuk kesehatan mata, lho. Melansir Kraff Eye Institute, daging sapi kaya akan zinc dan nutrisi penting lain. Sering mengonsumsi daging sapi pun dapat memperlambat proses degenerasi makular.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menjaga kesehatan mata. Usahakan untuk mengonsumsinya secara teratur, ya. Dengan begitu, efek kesehatan yang Anda rasakan bisa lebih maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru