5 Makanan Pembakar Lemak untuk Diet, Sudah Terbukti Secara Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:44 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
5 Makanan Pembakar Lemak untuk Diet, Sudah Terbukti Secara Ilmiah

ILUSTRASI. Salmon yang merupakan makanan pembakar lemak ini tidak hanya lezat tetapi juga terbukti secara ilmiah membantu menurunkan berat badan.

KONTAN.CO.ID - Makanan pembakar lemak ini tidak hanya lezat tetapi juga terbukti secara ilmiah membantu menurunkan berat badan.

"Jika Anda berfokus pada penurunan berat badan, maka sangat menyenangkan mengetahui bahwa makanan tertentu dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda lebih cepat," kata Suzie Sawyer (buka di tab baru), ahli gizi klinis. 

Dia menambahkan, "Makanan ini yang terbukti secara ilmiah membantu tubuh membakar lemak saat dimakan sebagai bagian dari rencana makan yang terkontrol."

Berikut adalah 5 makanan pembakar lemak untuk diet seperti yang dilansir dari Goodto.com dan WebMD:

1. Salmon

Makan malam salmon sederhana dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat, karena ikan tanpa lemak yang lezat ini dikemas dengan protein dan omega-3.

Ahli gizi dan pelatih pribadi David Weiner, menjelaskan, “Salmon adalah sumber protein berkualitas tinggi yang fantastis yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan lemak karena tubuh harus bekerja lebih keras untuk mencernanya."

Selain itu, salmon adalah sumber asam lemak omega 3 yang terbukti mengurangi peradangan dan meningkatkan pembakaran lemak, di mana penelitian menunjukkan bahwa suplementasi minyak ikan dapat membantu mengurangi berat badan dan hormon stres kortisol, yang juga terkait dengan penyimpanan lemak. 

Baca Juga: 7 Buah dan Sayur yang Bikin Asam Urat Datang Lagi

2. Greek Yogurt 

Greek Yoghurt tidak hanya baik untuk Anda tapi juga lezat. Yogurt ini juga terbukti secara ilmiah untuk membantu membakar lemak tubuh juga.

“Greek Yoghurt benar-benar dapat membantu pembakaran lemak tetapi perlu variasi lemak penuh,” kata Suzie, ahli gizi klinis dari Feel Alive UK (buka di tab baru). 

“Pertama, yogurt Yunani penuh lemak mengandung asam linoleat terkonjugasi (CLA) yang mempromosikan pembakaran lemak. Dan kedua, probiotik yang secara alami ditemukan dalam yogurt mendukung bakteri usus baik yang merupakan kunci program penurunan berat badan.”

Ini penting, catat Suzie, karena semakin banyak orang yang kelebihan berat badan, semakin tidak seimbang bakteri di usus mereka. Dan ketidakseimbangan inilah yang membuat lebih sulit untuk menghilangkan lemak secara keseluruhan.

3. Cokelat Hitam

Tampaknya cokelat hitam baik untuk tubuh dan lingkar pinggang Anda. 

Ahli gizi David mengatakan itu mengurangi keinginan mengidam gula, membuat Anda merasa kenyang, dan meningkatkan metabolisme Anda. 

"Cokelat hitam dikemas dengan asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu meningkatkan metabolisme Anda," kata David. "Akibatnya, Anda akan membakar kalori lebih cepat. Namun, saat memilih cokelat hitam, periksa bahan-bahannya karena masih banyak mengandung gula."

Selain itu, sains telah menunjukkan bahwa menyerah pada kudapan cokelat di malam hari mungkin menguntungkan kita. Dalam satu studi tahun 2021, wanita yang makan cokelat di malam hari (dibandingkan dengan mereka yang siang hari) memiliki metabolisme yang lebih baik dan kehilangan berat badan dari sekitar pertengahan mereka setelah dua minggu.

Baca Juga: Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Ini 7 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

4. Brokoli

Para ahli kami telah memberikan lampu hijau kepada pohon-pohon kecil yang lucu ini sebagai salah satu makanan pembakar lemak terbaik untuk menurunkan berat badan.

“Brokoli dan rekan-rekannya – seperti kembang kol dan kubis Brussel – sangat tinggi serat dan nutrisi yang membuat tubuh Anda membakar lemak,” kata ahli diet terdaftar Claire Muszalski dari MyProtein.

Menurut peneliti, brokoli mengandung kalsium, yang baik untuk kesehatan sendi dan penurunan berat badan. Satu studi University of Tennessee menemukan bahwa kalsium sebenarnya mengontrol bagaimana lemak diproses dan disimpan dalam tubuh. Dan semakin banyak kalsium dalam sel lemak, semakin banyak lemak yang akan dibakar sel.

5. Kacang

Murah, mengenyangkan, dan serbaguna, kacang-kacangan adalah sumber protein yang bagus. Kacang juga tinggi serat dan lambat dicerna. Itu berarti Anda merasa kenyang lebih lama, yang mungkin menghentikan Anda untuk makan lebih banyak.

6. Sup

Mulailah makan dengan semangkuk sup, dan Anda mungkin akan makan lebih sedikit. Tidak masalah apakah supnya kental atau dihaluskan, asalkan berbahan dasar kaldu. Anda ingin menyimpan sup hingga 100 hingga 150 kalori per porsi. Jadi jangan menambahkan krim dan mentega pada sup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru