Kesehatan Umum

5 Makanan pelancar ASI agar kebutuhan bayi terpenuhi

Senin, 21 September 2020 | 11:39 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 Makanan pelancar ASI agar kebutuhan bayi terpenuhi

ILUSTRASI. Wortel adalah salah satu makanan pelancar ASI yang bisa Anda coba. Foto: Dok Shutterstock

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda merasa produksi ASI sedikit? Masalah itu bisa diatasi dengan makanan pelancar ASI. Selain membuat produksi ASI bertambah, makanan-makanan ini mampu mempercepat proses pemulihan kondisi pasca melahirkan.

Untuk melihat apakah ASI yang Anda produksi sudah mencukupi kebutuhan bayi atau belum, Forstcry.com mengatakan agar mengukur berat badan bayi. Berat badan bayi yang menurun setelah dilahirkan merupakan hal yang biasa. Setelah 14 hari, berat badannya akan kembali normal dan mengalami peningkatan.

Ada tanda-tanda bahwa Anda tak perlu khawatir mengenai produksi ASI. Beberapa tanda tersebut, yaitu menyusui bayi terasa nyaman dan tidak sakit, Anda bisa melihat bayi menelan saat diberi ASI, dan payudara terasa lebih kosong setelah memberi ASI.

Saat kebutuhan ASI bayi tercukupi, bayi kencing minimal delapan kali dalam 24 jam. Selain itu, feses yang dikeluarkan berwarna kuning muda. Jika Anda merasa tak menemukan tanda-tanda tersebut, makanan pelancar ASI berikut bisa Anda jadikan pilihan.

Baca Juga: 7 Cara memperbanyak produksi ASI secara alami

Bawang Putih

Bawang putih bisa jadi makanan pelancar ASI pertama yang bisa Anda coba. Selain itu, bawang putih juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan mencegah penyakit jantung. Karena dapat menimbulkan bau yang kurang sedap, Anda perlu memperhatikan jumlah bawang putih yang Anda konsumsi.

Sayuran Hijau

Anda bisa mengonsumsi bayam sebagai makanan pelancar ASI

Sayuran hijau, seperti bayam atau kale, adalah sumber nutrisi yang bisa memperlancar ASI karena mengandung zat besi, folat dan vitamin. Usahakan untuk mengonsumsi sayuran hijau minimal satu porsi setiap hari.

Oatmeal

Makanan pelancar ASI lainnya yang direkomendasikan Firstcry.com adalah oatmeal. Anda bisa mengonsum oatmeal untuk sarapan atau camilan. Selain bisa memperlancar ASI, kandungan serat dalam oatmeal juga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan.

Baca Juga: 7 Manfaat ASI dan menyusui bagi bagi bayi dan ibu yang wajib diketahui

Pepaya Mentah

Selain memperlancar produksi ASI, pepaya mentah juga bermanfaat sebagai obat penenang alami. Anda bisa memasukkan pepaya mentah dalam salad dan mengonsumsinya secara rutin.

Wortel

Produksi dan kualitas ASI dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi wortel karena jenis sayur ini mengandung vitamin A. Anda bisa mengonsumsi wortel setiap pagi dalam bentuk salad atau jus. Karena mudah ditemukan, wortel bisa jadi makanan pelancar ASI yang tepat untuk Anda.

Selanjutnya: Ada 4 cara mengatasi ASI tersumbat yang alami dan mudah, jangan panik!

Editor: Belladina Biananda


Terbaru