kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Khasiat daun sirsak untuk kesehatan tubuh, tertarik mencoba?


Kamis, 18 Februari 2021 / 08:30 WIB
5 Khasiat daun sirsak untuk kesehatan tubuh, tertarik mencoba?


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya buahnya, khasiat daun sirsak berguna untuk kesehatan tubuh jika Anda mengonsumsinya secara rutin. Anda bisa merebus daun sirsak lalu meminum air rebusannya agar kesehatan terjaga. Hal itu disebabkan karena banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Daun sirsak memiliki banyak antioksidan yang mampu melawan serangan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, antioksidan juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, ada banyak jenis penyakit yang bisa Anda cegah.

Tentu saja masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi daun sirsak. Bahan alami itu bisa membuat energi Anda meningkat, mencegah sembelit, meredakan nyeri punggung, dan lain sebagainya.

Memberikan Efek Relaksasi

Herbal Goodness (herbalgoodness.com) mengatakan bahwa daun sirsak mengandung antiinflamasi dan antipasmodik yang dapat merelaksasi otot tegang. Artinya, bahan alami tersebut cocok dikonsumsi setelah Anda melakukan olahraga berat atau baru saja mengalami kecelakaan.

Tidak behernti sampai di situ, daun sirsak pun memiliki antimikroba yang bisa meredakan peradangan di kulit sehingga rasa gatal dan iritasi bisa teratasi. Dengan begitu, kulit menjadi lebih lembut dan sehat.

Baca Juga: Efek samping dan manfaat srikaya untuk kesehatan

Meredakan Nyeri Punggung

Khasiat daun sirsak selanjutnya adalah mampu meredakan nyeri punggung yang sedang Anda alami. Tak hanya mengandung antiinflamasi, daun sirsak juga mengandung banyak analgesik sehingga rasa nyeri bisa berkurang.

Mencegah Sembelit

Salah satu khasiat daun sirsak adalah mencegah sembelit.

Nutrisi penting lainnya yang dimiliki daun sirsak adalah serat. Dengan mengonsumsi daun sirsak secara rutin, jadwal buang air besar pun menjadi lebih lancar. Dengan begitu, zat sisa makanan yang ada dalam tubuh Anda lebih mudah dikeluarkan.

Selain menjaga kesehatan sistem pencernaan, serat dalam daun sirsak pun berguna untuk membuat Anda kenyang lebih lama. Artinya, bahan alami itu cocok Anda konsumsi sebagai cara menurunkan berat badan.

Baca Juga: Biji alpukat bermanfaat sebagai obat herbal untuk diabetes melitus

Meningkatkan Energi

Apakah tubuh Anda sering merasa lemas dan tidak berenergi? Jika iya, cobalah untuk mengonsumsi daun sirsak secara rutin. Mengutip dari Herbal Goodness, kandungan daun sirsak mampu menambah energi tubuh Anda sehingga aktivitas sehar-hari bisa Anda lakukan dengan lancar.

Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat daun sirsak yang tidak boleh ketinggalan adalah bahan alami itu mampu memperlancar metabolisme tubuh dan aliran darah. Saat aliran darah terkontrol, kesehatan jantung pun menjadi lebih terjaga.

Selanjutnya: 9 Obat herbal untuk asam urat yang bahannya mudah didapat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×