Kesehatan Umum

5 Khasiat daun salam untuk kulit dan rambut Anda

Senin, 23 November 2020 | 10:34 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Khasiat daun salam untuk kulit dan rambut Anda

ILUSTRASI. Khasiat daun salam berguna untuk mengatasi masalah kulit dan rambut Anda. wikimedia.org

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat daun salam yang bisa Anda dapatkan. Tak hanya berguna untuk menyedapkan rasa masakan, bahan alami tersebut juga mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit dan rambut yang Anda alami.

Luka Ringan

Karena mengandung antiinflamasi, daun salam bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka ringan di kulit Anda. Tak hanya itu, daun salam juga mengandung disinfektan sehingga kemerahan, iritasi, dan bekas gigitan serangga bisa teratasi dengan baik.

Jerawat

Apakah Anda memiliki tipe kulit yang mudah berjerawat? Jika iya, masalah kulit tersebut bisa diatasi dengan memakai daun salam. Mengutip dari Cookist (cookist.com), fungsi tersebut berasal dari kandungan antibakteri dan antiinflamasi.

Selain itu, daun salam juga berguna untuk menyeimbangkan dan mengurangi produksi sebum. Artinya, pori-pori menjadi tidak mudah tersumbat. Namun, Anda tetap perlu memerhatikan porsi daun salam yang dipakai, ya. Jangan sampai menggunakannya secara berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping.

Baca Juga: Manfaat air rebusan daun salam sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui

Meluruskan Rambut

Salah satu khasiat daun salam adalah untuk meluruskan rambut.

Rambut yang kering dan kusam bisa membuat penampilan kurang maksimal, kan? Nah, Anda bisa menggunakan daun salam untuk mengatasi masalah itu. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, rebus beberapa helai daun salam selama 20 menit lalu saring dan diamkan hingga dingin. Gunakan air rebusan daun salam itu pada rambut sebelum memakai sampo. Hasilnya, rambut Anda akan lebih lurus dan terlihat berkilau.

Kutu Rambut

Khasiat daun salam lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah mengusir kutu rambut. Pertama, Anda perlu menyiapkan 50 g daun salam yang sudah dipotong. Selanjutnya, rebus daun salam yang sudah dipotong dalam 400 ml air.

Setelah air berkurang sekitar 100 ml, saring air rebusan itu lalu gunakan dari akar hingga ujung rambut. Anda perlu mendiamkan air rebusan daun salam pada rambut selama tiga jam agar bisa bekerja secara maksimal kemudian bilas dengan air.

Baca Juga: Amazing! Ini manfaat minum air rebusan daun salam untuk kesehatan tubuh Anda

Ketombe dan Rambut Rontok

Ketombe dan rambut rontok merupakan masalah lain yang dialami oleh banyak orang. Anda tak perlu khawatir karena maslah itu bisa diatasi dengan memakai daun salam. Cookist menyebutkan bahwa daun salam bisa menyehatkan kulit kepala.

Tak hanya itu, kandungan dalam daun salam juga berguna untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Anda bisa menggunakan daun salam setelah mencuci rambut secara rutin agar manfaatnya terasa secara maksimal.

Selanjutnya: Tidak hanya jadi obat asam urat, ini manfaat daun salam sebagai obat herbal

Editor: Belladina Biananda
Terbaru